Karhutla di Jalan Dulin Kandan Palangka Raya Diduga Sengaja di Bakar

IST/BERITASAMPIT- Babinsa kelurahan Kereng Bangkirai Sertu Eko Cahyono.

PALANGKA RAYA – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kembali terjadi di Jalan Dulin Kandan Kelurahan Kereng Bangkirai kecamatan Sebangau kota Palangka Raya, Sabtu 24 Juni 2023 sekitar pukul 12.00 WIB.

Tim BPBD bersama TNI Polri dan relawan berjibaku memadamkan lahan tersebut, setelah kurang lebih satu jam Tim berhasil memadamkan api serta melakukan pendinginan di lokasi kebakaran.

Babinsa kelurahan Kereng Bangkirai Sertu Eko Cahyono mengatakan, kebakaran tersebut diduga kuat secara sengaja di bakar oleh oknum orang yang tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA:   Sepekan setelah Ditemukan Mengapung di Sungai Mentaya, Jenazah Bayi Belum Dimakamkan

“Dilokasi kami menemukan barang bukti berupa botol plastik dengan sisa sedikit BBM pertalite dan ini nampaknya sengaja dibakar,” kata Sertu Eko cahyono, Sabtu 24 Juni 2023.

Dengan di temukan barang bukti tersebut pihaknya akan melaporkan kejadian tersebut untuk ditindaklanjuti agar oknum pelaku pembakaran lahan mendapatkan efek jera.

“Barang bukti sudah kami amankan untuk dilaporkan ke atasan agar bisa di selidiki oknum yang sengaja membakar lahan supaya ada efek jera,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Demokrat Siapkan Junaidi untuk Maju di Pemilihan Wali Kota Palangka Raya

Atas kejadian itu lanjutnya, kendati pihaknya mengalami kesulitan menuju akses lokasi kebakaran. Namun tim berhasil memadamkan api. Atas peristiwa itu, diperkirakan setengah hektare lebih lahan terbakar.

“Sekitar kurang lebih setengah hektar lebih, teman-teman terkendala akses atau jalan masuk ke area sini,” pungkasnya.

(Syauqi)