Ini Lima Anggota KPU Kotim Periode 2023-2028

IST/BERITA SAMPIT - Kantor KPU Kotim.

SAMPIT – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) periode 2023-2028 telah diumumkan lima nama diantaranya Ependi, Jamil Januansyah, Muhamad Tohari, Muhammad Rifqi dan Wendy.

KPU Republik Indonesia resmi mengumumkan nama-nama calon anggota KPU terpilih pada 48 Kabupaten/Kota di 7 Provinsi periode 2023- 2028 yang dituangkan dalam pengumuman Nomor 57/SDM.12-Pu/04/2023.

Dari pengumuman tersebut untuk Anggota KPU terpilih dari Provinsi Kalimantan Tengah ada empat Kabupaten yaitu KPU Barito Selatan, Kapuas, Kotawaringin Barat dan Kotawaringin Timur yang ditanda tangani Ketua KPU RI Hasyim Asyari pada 23 Juni 2023.

Sebelumnya ada 10 peserta seleksi yang mengikuti ‘fit and proper test’ atau uji kelayakan dan kepatutan oleh KPU RI dan kelima nama diatas meraih nilai tertinggi sehingga dinyatakan sebagai calon anggota KPU Kotim terpilih untuk periode 2023-2028.

BACA JUGA:   Penumpang Kapal dari Pelabuhan Sampit ke Pulau Jawa Disebut Melonjak

Lima nama calon anggota KPU Kotim yang diumumkan dari latar belakang berbeda dua dari Bawaslu yakni Muhamad Tohari Ketua Bawaslu Kotim, Ependi anggota Bawaslu Kotim, Jamil Januansyah merupakan pimpinan median online (Wartawan), Wendy merupakan seorang Guru sekaligus Tokoh Pemudah Adat dan salah satu petahana Muhammad Rifqi.

Muhammad Tohari, satu dari lima calon terpilih membenarkan hasil pengumuman lima nama calon anggota KPU Kotim terpilih tersebut, termasuk dirinya.

BACA JUGA:   Kapolda Kalteng Ajak Masyarakat Kotim Samakan Pemahaman Pentingnya Rasa Aman dan Nyaman

“Iya, Alhamdulillah semoga kita bisa menjalankan dengan Amanah ini dengan baik dan terima kasih atas doa dan dukungan semuanya,” kata Tohari.

Pelantikan dilaksanakan bersamaan dengan anggota KPU dari daerah lainnya di Jakarta dan setelah pelantikan tersebut calon anggota KPU akan memilih siapa yang akan dipercaya menjadi ketua KPU Kotim Timur periode 2023- 2028.

Menariknya calon anggota KPU Kotim terpilih tidak ada dari keterwakilan perempuan, berbeda dengan KPU Kotim periode sebelumnya yang terdiri dari tiga perempuan dan dua laki-laki, bahkan jabatan ketua diduduki seorang perempuan yaitu Siti Fathonah Purnaningsih.

(Ibra)