BPBD Siap Antisipasi Setiap Wilayah Kecamatan Rentan Karhutla

Kepala BPBD Kabupaten Katingan, Markus

KASONGAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan siap antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla)di setiap wilayah Kecamatan dan di beberapa wilayah rentan Karhutla di Kabupaten Katingan.

Dikatakan Kepala BPBD Kabupaten Katingan, Markus kesiapannya ini memang layak, Karena untuk perangkatnya tidak hanya dipersiapkan di BPBD saja, tapi juga di sejumlah Pos karhutla yang ada dihampir di setiap wilayah Kecamatan dan di beberapa wilayah rentan karhutla di Katingan. Begitu juga dibantu masyarakat peduli api, serta sejumlah personel dari TNI-Polri, personel Damkar Met, UPT Dinas Kehutanan, personel Tagana, personel Damkar dari perusahaan, Damkar swasta dan sejumlah instansi vertikal lainnya serta relawan.

BACA JUGA:   Satpol PP Katingan Imbau Pengusaha Tidak Menjual Miras Selama Ramadan

“Ini membuktikan bahwa adanya kekompakan semua elemen untuk mengantisipasi karhutla dan sekaligus menindaklanjutinya,” kata Markus pada Senin, 3 Juli 2023.

Dirinya mengucapkan dalam antisipasi karhutla ini, BPBD dan instansi terkait lainnya bukan hanya sekedar kesiapan saja, tapi juga melakukan patroli setiap harinya.

“Jika terjadinya kebakaran sekecil apapun langsung diupayakan untuk dilakukan pemadaman. Sehingga tidak menjadi besar,” ungkapnya.

Selain itu, dirinya menambahkan kabupaten katingan pada tahun 2023 ini bebas asap. Karena, jika karhutla meluas di daerah kita tentu saja akan mengeluarkan asap di mana-mana seperti kejadian beberapa tahun yang lalu. Untuk dampaknya bukan cuma di Indonesia, tetapi sampai luar negeri asap tersebut, selain terkendalanya aktivitas masyarakat dan sulitnya transportasi darat, sungai dan melalui udara, juga terganggunya kesehatan masyarakat.

BACA JUGA:   Jelang Idul Fitri, Pj Bupati Katingan Lakukan Sidak di Pasar Tradisonal Pegatan

“Salah satunya terganggunya alat pernafasan di tubuh kita dan juga pengelihatan atau mendatangkan penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut,” ujarnya.

“Saya berharap agar semua masyarakat Katingan untuk menjaga lingkungannya masing-masing. Sehingga terhindar dari bencana karhutla,” pungkasnya. (BITRO).