DAD Kotim Akan Gelar Musda, 22 Juli

NARDI/BERITA SAMPIT - Suasana rapat pembentukan panitia Musda DAD Kotim

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melakukan rapat pembentukan panitia pengarah dan panitia pelaksana Musyawarah Daerah (Musda) ke-III Dewan Adat Dayak (DAD) Kotim, Senin 3 Juli 2023.

“Kita sudah membentuk panitia Musda DAD dan menyepakati rencana waktu pelaksanaannya  Sabtu 22 Juli 2023,” kata Halikin.

Ia menyampaikan pelaksanaan Musda hendaknya sebelum kegiatan pelan olahraga provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah karena akan sibuk nantinya Kotim fokus sebagai tuan rumah.

BACA JUGA:   Pemkab Kotim Pastikan Makanan di Pasar Ramadan Aman di Konsumsi

Dirinya berharap dengan Musda DAD nantinya akan terpilih Ketua Umum DAD Kotim yang baru akan dapat memperbaiki kekurangan selama ini. Serta memahami fungsi dan tugas damang maupun Ketua DAD nantinya bagaimana.

“Seperti tadi ada kegiatan perdamaian, karena ada kekeliruan dari Damang dalam penetapan adat namun mengambil dari kitab suci umat Hindu Kaharingan, itu lah yang bisa diperbaiki, sehingga lebih paham mana ranah adat dan mana ranah agama,” kata Halikin.

BACA JUGA:   Empat Pasang Petarung di Pilkada Kotim, Bahkan Petahana Diprediksi Terpecah

Halikin juga berharap agar para damang nantinya diberikan pembekalan serta bimbingan agar lebih mengetahui terkait budaya serta adat Dayak. (Nardi)