Pertumbuhan Ekonomi Kalteng Triwulan I Tahun 2023 Relatif Melambat

IST/BERITA SAMPIT - Deputi Perwakilan BI Kalteng Magfur

PALANGKA RAYA – Deputi Perwakilan BI Kalteng Magfur dalam laporannya menyampaikan, kegiatan seminar nasional Capacity Building Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kalimantan Tengah merupakan rangkaian acara besar yang akan dihelat pada minggu kedua bulan Juli 2023 yaitu Gerakan Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI dan BBWI).

“Tema pada seminar nasional ini adalah Mengubah Gambut Menjadi Emas Strategi Mendorong Produksi Pangan di Kalimantan Tengah, hal ini merupakan visi yang didasarkan pada potensi yang ada di Kalimantan Tengah dengan karakter tanah gambut yang beraneka ragam,” ucapnya saat menyampaikan laporan acara Capacity Building Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kalimantan Tengah di Aula Rahan Universitas Palangka Raya, Selasa 4 Juli 2023.

BACA JUGA:   Permas Palangka Raya Adakan Kegiatan Silahturahmi dan Buka Bersama

Ia menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi Kalteng pada triwulan I tahun 2023 sebesar 3,22 persen, relatif melambat dibandingkan triwulan IV tahun 2022, dan sebagian besar pertumbuhan ekonomi Kalteng masih didorong oleh sektor pertanian, dalam hal ini adalah produksi CPO kelapa sawit perkebunan, dan dari subsektor tanaman pangan Kalteng menyumbang 10 persen.

“Oleh sebab itu, perlu kita pikirkan lebih dalam lagi, bagaimana potensi-potensi pertanian tanaman pangan itu dapat bertumbuh dan berkembang di Kalimantan Tengah, sehingga dapat mensuplai kebutuhan Kalteng, juga kita dapat melakukan suplai ke provinsi-provinsi tetangga termasuk nantinya ibukota negara,” pungkasnya. (Hardi)

BACA JUGA:   BI Kalteng Siapkan Uang Tunai Rp 1,9 Triliun pada Bulan Ramadhan dan Idulfitri