Tetap Jaga Kelestarian Ikan Lokal di Perairan Das Barito

LULUS/BERITA SAMPIT- Anggota DPRD Mura, Imanudin

PURUK CAHU- Dalam rangka menjaga kelestarian dan keberlangsungan ikan lokal di perairan daerah aliran sungai (DAS) Barito, Anggota DPRD Murung Raya, Imanudin meminta agar masyarakat menangkap ikan dengan cara yang ramah lingkungan.

“Kepada seluruh mayarakat Murung Raya mari bersama-sama menjaga keberlangsungan dan kelestarian ikan lokal kita dengan tidak menangkap ikan menggunakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan,” kata Imanudin, Selasa 11 Juli 2023.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Menurut Imanudin, penangkapan ikan yang dilakukan dengan cara tidak ramah lingkungan akan memberikan dampak yang buruk bagi keberlangsungan ekosistem dan sumber daya perikanan.

“Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam menangkap ikan tanpa merusak lingkungan seperti menggunakan jaring, alat pancing, pukat dan sebagainya,” sebutnya.

Masyarakat juga diingatkan agar tidak menggunakan bahan peledak seperti bom, putas setrum dan lainnya yang dapat merusak keberlangsungan hidup ikan dan habitatnya.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

“Karena penangkapan dengan cara tersebut sangat tidak ramah lingkungan dan dapat merusak ekosistem serta menurunkan populasi ikan dan makhluk hidup lainnya. Selain itu, penangkapan dengan cara tersebut juga dapat ditindak pidana,”pungkasnya.(Lulus)