KONI Barsel Berangkatkan 126 Kontingen Pertama Ikuti Porprov Kalteng di Sampit

IST/BERITA SAMPIT: Ketua KONI Barsel Ida Riani (baju kaos putih), foto bersama dengan seluruh kontingen usai acara pelepasan di Stadion Batuah Buntok.

BUNTOK – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) memberangkatkan kontingen untuk mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Ketua KONI Barsel Ida Riani usai melepas kontingen di Stadion Batuah Buntok Sabtu 22 Juli 2023 mengatakan, 126 orang yang diberangkatkan tahap pertama pada hari ini mengikuti Porprov ke-XII di Sampit terdiri dari atlet, pelatih dan official.

Dikatakannya, adapun untuk atlet, pelatih dan official yang diberangkatkan terdiri dari cabang olahraga (cabor) sepak bola, voli, futsal, takraw, karate, tenis meja, atletik, bulu tangkis, panahan, e-sport dan tim kesehatan.

“Mereka kita berangkatkan hari ini, karena memulai pertandingan lebih awal dari cabor-cabor yang lain,” katanya.

BACA JUGA:   Tokoh Pemuda Desa Baru Gelar Lomba Pawai Tanglong dan Bagarakan Sahur

Menurutnya, untuk tahap kedua akan diberangkatkan kembali 194 kontingen yang terdiri dari atlet, pelatih dan official pada tanggal 25 Juli 2023.

“Insha Allah nantinya, akan dilepas secara resmi oleh Pejabat Bupati (Pj) Barsel,” jelasnya.

Dari 28 cabor yang dipertandingkan kata Ida Riani, kontingen Barsel mengikuti 21 cabor karena beberapa cabor tidak ada pengurusnya serta tidak ada atlet.

“Pastinya mereka berangkat, bukan atas nama KONI namun atas nama Pemkab Barsel dan apapun yang dilakukan di sana nama daerah dipertaruhkan,” ungkapnya.

Perlu diketahui juga lanjutnya, bahwa kontingen Barsel tidak ada atlet luar artinya murni atlet daerah karena panitia melakukan seleksi atlet sangat ketat dengan tiga tahapan pendaftaran.

BACA JUGA:   Tim Eddy Raya Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Bupati Barsel ke Partai Demokrat dan Perindo

“Mulai dari online, offline juga melibatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) serta Dinas Pendidikan (Diknas) setempat,” bebernya.

Ditambahkannya, untuk target kita tidak muluk-muluk paling tidak bisa mempertahankan peringkat hasil Porprov 2018 lalu dan kalau bisa naik peringkat lagi.

“Yang jelas, dengan adanya dukungan pemerintah daerah melalui bonus yang akan dianggarkan pada APBD-P dan merupakan salah satu motivasi bagi atlet agar bisa meraih medali,” tukas Ida Riani.(Ded)