Produk IKM Lokal Banyak yang Menjanjikan dan Bernilai Ekonomi

IST/BERITA SAMPIT - Anggota Komisi II DPRD Kalteng Lohing Simon

PALANGKA RAYA – Anggota Komisi II DPRD Kalteng Lohing Simon menyampaikan, produk IKM lokal banyak yang menjanjikan dan bernilai ekonomi serta memiliki daya saing tinggi, namun sebagian untuk pemasarannya masih belum mampu menembus pasar nasional bahkan internasional.

“Kita tau produk kerajinan hasil IKM cukup banyak yang berkualitas dan mampu bersaing dengan produk dari luar, hanya saja pemasarannya masih terfokus diranah lokal saja, hanya sebagian saja yang mampu menembus pasar nasional dan internasional,” ucapnya Jumat 28 Juli 2023.

BACA JUGA:   Pemda Agar Dapat Tanggap Memberikan Perhatian Kepada Masyarakat Terdampak Banjir

Oleh karena itu, ia berharap adanya dukungan dari pemda terkait hal tersebut, sehingga setiap produk kerajinan hasil industri masyarakat yang memiliki nilai ekonomi serta mampu berasaing dapat menembus pasar nasional hingga internasional melalui kegiatan ekspor.

“Saat ini dari kegiatan ekspor di Kalteng ini masih didominasi sektor pertambangan dan perkebunan, untuk kerajinan produk IKM masih minim. Jadi konsep dalam memasarkan produk kerajinan ini perlu lebih dioptimalkan lagi, karena tidak hanya pelaku IKM itu saja yang mendapatkan nilai positifnya, tapi juga daerah,” lugasnya.

BACA JUGA:   Pembangunan Dari Pemerintah Harus Bisa Lebih Menyentuh Wilayah Pelosok

Ia juga mengatakan disisi lain, pembinaan terhadap para pelaku IKM juga perlu terus ditingkatkan supaya dapat terus menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi yang mampu bersaing dengan produk dari luar, dengan begitu bisa lebih menarik minat konsumen untuk membelinya.

“Kedepan, produk IKM terus mengalami peningkatan kualitas maupun tampilan agar banyak pembelinya, dan pemasarannya melalui kegiatan ekspor juga akan lebih mudah, itu yang kita inginkan sehingga bisa berdampak pada pendapatan daerah,” tandasnya. (Hardi)