Duta Baca Pelajar Diharapakan Memajukan Dunia Literasi di Kabupaten Gunung Mas

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Bunda Literasi Kabupaten Gunung Mas Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong saat foto bersmaa dengan para peserta Duta Baca tingkat pelajar.

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas melalui Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Gunung Mas melaksanakan kegiatan pemilihan duta baca tingkat pelajar terdiri dari SMA, SMK dan Madrasah Aliyah, yang di laksanakan di aula Bapedalitbang daerah setempat, Rabu 2 Agustus 2023.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas Maria Efianti menyampaikan, literasi merupakan salah satu pilar penting dalam membangun masyarakat yang cerdas dan berdaya saing.

“Melalui kemampuan membaca dan pemahaman, seseorang memiliki akses tak terbatas ke pengetahuan dan informasi, oleh karena itu, mengembangkan minat baca dan menciptakan lingkungan yang mendukung kegiatan literasi menjadi tanggung jawab kita bersama,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Ratusan PPPK Jabatan Fungsional Guru di Gunung Mas Dilantik

Lebih lanjut dikatakannya, pemilihan duta baca merupakan ajang yang sangat berarti dalam mendorong minat baca di kalangan masyarakat, terutama generasi muda.

Selain itu kata dia, para duta baca tidak hanya menjadi inspirasi bagi teman-teman sebayanya, tetapi juga menjadi perwakilan yang membawa semangat literasi ke berbagai komunitas dan sekolah di Kabupaten Gunung Mas.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta pemilihan duta baca yang telah berpartisipasi dalam kompetisi ini. Anda semua adalah teladan luar biasa yang diharapkan dapat membangun budaya membaca di Kabupaten Gunung Mas,” tuturnya.

Dalam upaya membangun budaya literasi kata Maria, tidak berakhir di sini. kegiatan ini hanyalah langkah awal menuju masyarakat yang gemar membaca dan berpengetahuan.

BACA JUGA:   Penggunaan APBD Harus Efektif dan Berpihak ke Masyarakat

“Mari kita terus lanjutkan langkah ini dengan melibatkan lebih banyak lagi orang dalam kegiatan literasi dan memperluas akses terhadap buku dan bahan bacaan,” harap Maris.

“Teruslah berjuang untuk memajukan dunia literasi di Kabupaten Gunung Mas. bersama-sama, kita dapat mewujudkan masyarakat yang cerdas, berwawasan dan maju,” sambungnya.

Untuk diketahui kegiatan tersebut dihadiri oleh Bunda Literasi Kabupaten Gunung Mas Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong dan 30 orang siswa dari sekolah-sekolah menengah tingkat atas yang berada di wilayah Kabupaten Gunung Mas.(Ale)