Ardian Stiven, Juara Pemilihan Duta Baca Tingkat SMA Kabupaten Gunung Mas

IST/BERITA SAMPIT – Para peserta pemilihan duta baca tingkat pelajar SMA sederajat yang mendapatkan juara saat foto bersama para dewan juri.

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas melalui Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Gunung Mas melaksanakan kegiatan pemilihan duta baca tingkat pelajar terdiri dari SMA, SMK dan Madrasah Aliyah, Rabu 2 Agustus 2023.

Dalam pemilihan duta baca tingkat SMA se-Gunung Mas tersebut, Ardian Stiven Siswa SMA Negeri 1 Sepang meraih juara satu lomba pemilihan duta baca tingkat SMA sederajat se-Kabupaten Gunung Mas.

Lomba pemilihan duta baca ini digelar di aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Gunung Mas. Lomba ini rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Dinas Perpustakaan dan kearsipan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan minat baca para pelajar.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas Maria Efianti menyampaikan, melalui kegiatan ini, para duta baca tidak hanya menjadi inspirasi bagi teman-teman sebayanya, tetapi juga menjadi perwakilan yang membawa semangat literasi ke berbagai komunitas dan sekolah di Kabupaten Gunung Mas.

BACA JUGA:   Tongkrongan Fery Penyeberangan Jadi Sasaran Jumat Curhat Polres Gunung Mas 

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta pemilihan duta baca yang telah berpartisipasi dalam kompetisi ini. Anda semua adalah teladan luar biasa yang diharapkan dapat membangun budaya membaca di Kabupaten Gunung Mas,” ungkap Maria Efianti.

Dalam upaya membangun budaya literasi kata Maria, tidak berakhir di sini. kegiatan ini hanyalah langkah awal menuju masyarakat yang gemar membaca dan berpengetahuan. Selamat kepada para pemenang Duta baca pelajar terus lanjutkan langkah ini dengan melibatkan lebih banyak lagi orang dalam kegiatan literasi dan memperluas akses terhadap buku dan bahan bacaan.

BACA JUGA:   Safari Ramadan Bupati Gunung Mas: Pentingnya Pembinaan Mental dan Spiritual bagi Generasi Muda

Berdasarkan hasil perhitungan skor nilai dan hasil rapat pertimbangan dewan juri lomba pemilihan duta baca pelajar tingkat SMA yakni, Bunda Literasi Kabupaten Gunung Mas Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong, Indra Yustina dan Erna Mavikasari, metapkan enam peserta tersebut atas predikat juara 1,2, 3, serta juara harapan 1, 2 dan 3.

Keenam orang peserta tersebut yakni,  juara 1 Ardian Stiven Siswa SMA Negeri 1 Sepang, juara 2 Noferdy Admajaya SMA Negeri Kuala Kurun, juara 3 Rachel Renzia Herry SMK Negeri 1 Rungan Hulu.

Sedangkan yang masuk dalam juara harapan yakni, harpan 1 Nadia Afifah SMA Negeri 1 Kuala Kurun, juara harapan 2 Aril Efrillino SMA Negeri 2 Tewah, dan harapan 3 Piona Pebian Nugraha siswa SMK Negeri 1 Mihing Raya.  (Ale).