Dua Siswi MTsN 1 Kotim Sumbang Medali Emas dan Perak Cabor Karate Porprov Kalteng

IST/ BERITA SAMPIT- Dua siswi MTSN 1 Kotim Ratna (kanan) berhasil meraih emas dan perak, serta Naya (kiri) meraih perak pada Cabor Karate Porprov Kalteng

SAMPIT – Dua Siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) 1 Kotawaringin Timur (Kotim) berhasil meraih medali pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah (Kalteng).

Mereka adalah Ratna Dewi Pitaloka yang meraih emas dan perak, serta Silvia Kanaya Jihan (Naya) meraih perak cabang olahraga Karate.

Kepala MTsN 1 Kotim M Rusidi sangat bersyukur atas pencapaian prestasi kedua siswinya. Ia berterimakasih atas dukungan dan doa seluruh pihak, dan berharap doa serta dukungan seluruh masyarakat Kotim terus mengalir untuk kontingen Kotim khususnya cabor Karate.

“Kami sangat bangga bahwa siswi madrasah dapat berkontribusi dalam ajang bergengsi Porprov ke XII Kalteng,” ungkapnya, Kamis 3 Agustus 2023.

Kedua siswi kelas IX tersebut tertarik dengan karate sejak mereka masih kanak-kanak. Naya memulai latihan dari kelas 2 SD pada tahun 2016, sedangkan Ratna mulai menyukai Karakte dan berlatih semenjak tahun 2014 saat masih TK.

BACA JUGA:   Oknum Polisi yang Digerebek Istri Sah Bersama Pasangan Selingkuhnya Dituntut Penjara oleh Jaksa

“Alhamdulillah bersyukur sekali, bahagia juga bisa membuktikan kemampuan saya sendiri,” kata Naya.

Dirinya mengaku awalnya gugup saat berhadapan dengan lawan, tapi saat sudah di atas matras ia mulai bisa mengendalikannya dan meyakinkan bahwa ia pasti bisa.

Pada awalnya ia ikut karate untuk melatih dan bisa menjaga diri saat diluar. Namun karena support dari orang tua yang terus mengalir ia diperbolehkan mengikuti berbagai kejuaraan karate.

“Terimakasih kepada Ayah Setyo Edi, Pelatih Senpai Yusuf, Pembina Bapak Nurwanto, Bapak Ibu Guru dan teman-teman di MTSN 1 Kotim yang selalu memberikan dukungan dan menyemangati saya,” tutup Naya.

Sementara itu, Ratna menyampaikan kepada Tim Humas bahwa pada awalnya ia bergabung menjadi atlet karate karena dukungan dari kakaknya yang juga atlet karate di Kotim, Siska Widiyawati yang selalu melatihnya setiap sore di rumah.

BACA JUGA:   Sebanyak 838 PPPK Kotim Resmi Dilantik

Putri dari Sukarmono ini sangat senang dan bangga atas raihan dua medali cabor Karate pada Jumat 28 Juli 2023 yang dilaksanakan di gedung Futsal Universitas Muhammadiyah Sampit, Jalan Ki Hajar Dewantara.

Nurwanto, selaku pembina Karate di MTSN 1 Kotim mengatakan Ratna dan Naya memang jadi andalan di cabor Karate, sehingga ia sangat mengapresiasi.

“Mereka tampil dengan luar biasa, hasil ini juga tidak terlepas dari kerja keras semua pihak khususnya berkat bimbingan dan binaan dari Senpai Yusuf,” ujarnya.

Pada hari itu Kotim mendapatkan enam medali emas, tiga perak dan tiga perunggu diraih atlet dari Cabor Karate. (Nardi)