BMKG Barsel Sebut Titik Panas Terbanyak di Kecamatan Jenamas

DEDDY/BERITA SAMPIT - Kepala BMKG Barsel Nur Setiawan.

BUNTOK – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menyebutkan, titik panas terbanyak berada diwilayah Kecamatan Jenamas sebanyak 45 titik

“Sedangkan diwilayah yang lainnya cukup sedikit,” kata Kepala BMKG Barsel Nur Setiawan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 7 Agustus 2023.

Dikatakannya, titik panas terbanyak di Kecamatan Jenamas tersebut karena terpantau hingga akhir bulan Juli 2023 lalu dan hasilnya pun terkonsentrasi terbanyak adalah diwilayah Jenamas sebanyak 45 titik.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

“Perlu diwaspadai, untuk wilayah selatan yakni Jenamas karena terbanyak titik panas, sedangkan diwilayah Barsel pada umumnya tingkat kebakarannya cukup tinggi,” jelasnya.

Terkait Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) lanjutnya, dalam hal ini BMKG sendiri sifatnya adalah sebagai unit pelaksana dalam memberikan informasi keterkaitan kondisi cuaca.

“Maka dari informasi potensi musim kemarau, dan puncaknya diharapkan dapat dijadikan pedoman atau dasar seluruh stakeholder yang terkait dalam menentukan tindakan-tindakan terkaitan penanganan karhutla di daerah ini,” katanya. (Ded)

BACA JUGA:   Tokoh Pemuda Desa Baru Gelar Lomba Pawai Tanglong dan Bagarakan Sahur