Wabup Katingan Lepas Peserta Raimuna Nasional XII ke Cibubur

IST/BERITASAMPIT - Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang pada saat foto bersama dengan kontingen Raimuna Nasional XII Pramuka Penegak dari 13 Kecamatan yang mewakili Kabupaten Katingan.

KASONGAN – Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang melepas kontingen Raimuna Nasional XII tahun 2023 Pramuka Penegak di Bumi Perkemahan (Buper) Cibubur Jakarta, Senin 7 Agustus 2023.

Kontingen Raimuna Nasional yang dilepas Wabup Katingan tersebut berasal dari 13 Kecamatan untul mewakili Kabupaten Katingan.

Sunardi N.T Litang dalam arahannya mengatakan, tujuan dari gerakan Pramuka adalah membentuk karakter, kebangsaan dan keterampilan yang akan membawa semangat generasi muda bangsa mencapai generasi emas yang bernilai luhur dan berbudi Pekerti yang agung melalui salah satu kegiatan yakni, Raimuna Nasional XII.

“Raimuna adalah pertemuan besar bagi Pramuka penegak dan pramuka pandega sebagai sarana pembinaan yang bersifat atraktif, inovatif, progresif dan kreatif, dikemas dalam suatu perkemahan dengan menitik beratkan pada kegiatan persaudaraan, kerukunan, perdamaian dan digitalisasi modern,” kata Sunardi N.T Litang di halaman Kantor Bupati Katingan.

BACA JUGA:   Bocah Sembilan Tahun yang Tenggelam di Sungai Katingan Ditemukan Tewas

Selain itu, kata Sunardi Raimuna Nasional gerakan pramuka XII (RainasXII) sebagaimana ditetapkan dalam Surat Keputusan Munas Tahun 2018 Nomor 018/Munas/2018 tentang Raimuna Nasional gerakan pramuka dan raimuna asean tahun 2022. Namun, dikarenakan pandemi Covid-19 yang tersebar diseluruh wilayah di Indonesia, sehingga berdampak ditundanya pelaksanaan Rainas XII Pada tahun 2022.

“Rainas ke-XII tahun 2023 merupakan perkemahan besar pramuka penegak dan pramuka pandega dalam bentuk festival dan tidak dilombakan sebagai sarana pendidikan yang mengandung nilai-nilai pendidikan kepramukaan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi saat ini guna mewujudkan pramuka hebat indonesia bangkit,” katanya.

BACA JUGA:   Bantu Masyarakat Katingan, Pemprov Kalteng Adakan Pasar Murah

Menurutnya, pada arena Raimuna Nasional XII tahun 2023 nanti, diharapkan dapat menampilkan bahwa pramuka katingan memiliki kepribadian yang kuat, memiliki karakter yang kuat, karakter Indonesia. Semuanya harus tampil menunjukan bahwa kita memiliki jiwa dalam berbangsa, tunjukan jati diri, tunjukan profesionalitas sebagai pramuka Indonesia.