ABK Lautan Makmur 17 Terpeleset Jatuh ke Laut, Hingga Kini Belum Ditemukan

IST/BERITA SAMPIT - Tim SAR dibantu nelayan masih terus melakukan pencarian  terhadap korban, Minggu 13 Agustus 2023.

PANGKALAN BUN –  Casmanto (21) salah satu Anak Buah Kapal (ABK) Lautan Makmur 17, yang jatuh ke laut pada Sabtu siang 12 Agustus 2023, sampai sekarang Minggu 13 Agustus 2023 belum diketemukan.

Menurut keterangan sejumlah ABK lainnya, korban jatuh ke laut saat mau mengambil bahan makanan diburitan kapal, entah gimana korban tiba-tiba terpeleset dan jatuh ke laut. Sampai sekarang Tim SAR Gabungan masih terus melakukan pencarian terhadap korban.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palangka Raya AA. Alit Supartana mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan perihal kejadian tersebut, pada hari Sabtu 12 Agustus 2023 Pukul 12.00 WIB. Saat itu juga  1 Search and Rescue Unit (SRU) menggunakan sarana RIB 02 PKY langsung berkordinasi dengan unsur SAR terkait.

BACA JUGA:   Bakti Sosial Ramadan 1445 H, Ketua YKB Daerah Polda Kalteng Kunjungi  SLBN 2 Pangkalan Bun

“Hari ini minggu, hari yang kedua Tim SAR Gabungan melakukan pencarian terhadap  1 orang ABK Kapal Lautan Makmur 17 yang terjatuh dari kapal, bertolak dari dermaga Tanjung Puting Kumai menuju LKK, dengan menggunakan sarana RIB 02 Palangka Raya Tim Rescue Pos SAR Pangkalan Bun menyisir sekitar lokasi ABK tersebut diduga terjatuh, sembari berkoordinasi dengan KSOP untuk melakukan pemapelan kepada kapal-kapal nelayan yang beraktivitas disekitar TKM,” kata AA Alit Supartana.

Dimana menurutnya, berdasarkan keterangan Yanto agen kapal, Kapal Lautan Makmur 17 dengan muatan Ikan bertolak dari dermaga Muara Angke Jakarta menuju ke Kuala Pembuang pada Jumat 11 Agustus 2023 pukul 09.30 WIB. Korban terpeleset dan terjatuh ke laut pada saat mengambil bahan makanan di buritan kapal, diperkirakan korban terjatuh pada koordinat 04°19’50.00″S 112°6’50.00″E  sekitar ±107 nm dari dermaga Tanjung Puting Kumai.

BACA JUGA:   Oknum Polisi yang Digerebek Istri Sah Bersama Pasangan Selingkuhnya Dituntut Penjara oleh Jaksa

“Tim SAR Gabungan telah melakukan pencarian dengan maksimal namun kendala dilapangan pada saat pencarian cuaca yang cepat berubah, sehingga membatasi waktu pencarian,” ujarnya.

Adapun unsur SAR yang terlibat dalam pencarian Tim Rescue Pos SAR Pangkalan Bun, KSOP Pangkalan Bun, Agen Kapal Lautan Makmur 17. Hingga berita ini diterbitkan, Tim SAR Gabungan masih melakukan pencarian. (Man)