PT Pertamina Akan Terapkan Aplikasi MyPertamina dalam Pembelian Gas Elpiji Bersubsidi

SYAUQI/BERITASAMPIT- Masyarakat saat mengntare Pembelian Gas Elpiji tiga kilogram 

PALANGKA RAYA – Area Manager Commrel dan CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra mengungkapkan, per tanggal 1 Maret 2023, Ditjen Migas bersama dengan PT Pertamina telah melakukan registrasi atau pendataan pengguna elpiji 3 Kilogram (kg) di seluruh sub-penyalur atau pangkalan ke dalam sistem berbasis website.

Pendataan tersebut akan dihimpun ke dalam suatu sistem aplikasi berbasis website dalam bentuk merchant apps. Ini merupakan langkah tahap awal dari program pendistribusian elpiji 3 kg atau elpiji bersubsidi yang tepat sasaran, sehingga betul-betul menyentuh kelompok-kelompok yang memang membutuhkan.

“Untuk wilayah Kalteng saat ini sudah 100 persen teregistrasi, namun memang untuk implementasi masih menunggu kebijakan lebih lanjut dari Kementerian ESDM. Diharapkan dengan adanya program ini, penyaluran elpiji subsidi nantinya akan lebih terukur serta tepat sasaran,” kata Arya, belum lama ini.

BACA JUGA:   SMA Negeri 2 Kumai Bekali Siswa untuk Ikuti Olimpiade Sains Nasional

Arya menuturkan, Saat ini data konsumen hanya akan diinput nomor KTP oleh pihak pangkalan, jika sudah terdaftar di Data Penyasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE), maka bisa langsung dilakukan pembelian seperti biasa.

Namun jika belum terdaftar di P3KE sambungnya, masyarakat bisa datang ke pangkalan dengan membawa KTP atau Nomor Induk Kependudukan (NIK).

BACA JUGA:   Demokrat Siapkan Junaidi untuk Maju di Pemilihan Wali Kota Palangka Raya

“Di situ nanti bisa langsung didaftarkan melalui pangkalan dan bisa melakukan pembelian seperti biasa, saat ini proses pembelian masih seperti biasa,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian Kota Palangka Raya, Hadriansyah menyebutkan bawa pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan PT Pertamina terkait penggunaan aplikasi MyPertamina dalam proses pembelian elpiji bersubsidi.

“Nanti kawan-kawan dari pertamina akan menyosialisasikan penggunaan aplikasi ini. Kami akan menginformasikan hal ini kepada masyarakat, termasuk ke pihak agen dan pangkalan, agar menerapkan sistem pembelian dengan menggunakan aplikasi tersebut,” tutupnya

(Syauqi)