Dewan Minta OPD Berinovasi Menggali Potensi PAD

BITRO/BERITASAMPIT - Wakil ketua I DPRD Katingan Nanang Suriansyah saat berbincang di lobi kantor DPRD Katingan.

KASONGAN – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan agar melakukan inovasi untuk menggali potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD), sehingga target bisa dicapai.

Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Katingan Nanang Suriansyah menyebut, Kabupaten Katingan memiliki banyak potensi PAD. Sayangnya, OPD dilingkup Pemkab Katingan kurang inovatif mengali potensi PAD.

“Kalau berbicara potensi, sebetulnya banyak, hanya yang perlu dilakukan inovatif dari OPD,” ungkap Nanang Suriansyah, Selasa 15 Agustus 2024.

Lebih lanjut, dikatakan salah satu kader terbaik partai berlambang pohon beringin ini, bahwa OPD jangan hanya terpaku dengan pajak seperti PBB, rumah makan atau pajak lainnya yang sifatnya mengikat, tetapi dengan kondisi Katingan yang memiliki potensi wisata cukup banyak, jika dikembangkan bisa menambah PAD.

BACA JUGA:   Dewan Ingat Perusahaan Terkait Kewajiban THR untuk Karyawan

“Dari pengembangan wisata, itu bisa meningkatkan PAD,” ujar kader partai berlambang pohon beringin itu kepada wartawan.

Hal menarik lainnya yang diungkapkan Nanang, yaitu terkait usaha perhotelan, karena jika dilihat dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan Pemkab Katingan yang mendatangkan orang seperti Bimtek serta pelatihan-pelatihan, tentu dapat meningkatkan PAD bagi daerah.

“Coba kita hitung, kalau yang diundang aparat desa, dikali 3 peserta setiap desa, berapa kamar yang dibutuhkan?, ini perlu menjadi catatan bagi OPD,” tuturnya.

BACA JUGA:   Sekda Sampaikan Pidato Pengantar Bupati Katingan ke DPRD Terkait LKPI Tahun Anggaran 2023

Bagi Nanang, jika Katingan memiliki hotel yang representatif lebih baik mengundang narasumber dari pada membuang anggaran banyak untuk keluar daerah.

“Yang jelas, harapan kita OPD harus lebih inovatif untuk meningkatkan PAD,” pungkasnya.