Bupati Ajak Masyarakat Bergerak Bersama Membangun Kabupaten Gunung Mas

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT – Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong didampingi wakil bupati Efrensia L.P Umbing. 

KUALA KURUN – Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong mengajak kepada seluruh masyarakat yang berada di daerah setempat untuk bersama-sama membangun Kabupaten Gunung Mas dari berbagai permasalah yang dihadapi.

“Saya juga menyadari bahwa masih banyak hal-hal yang belum sempat selesai tertangani dan mencapai hasil yang kita dambakan, untuk itu saya berharap kepada masyarakat untuk bersama-sama dengan pemerintah daerah dalam membangun kabupaten Gunung Mas yang kita cintai bersama ini,” ungkap Jaya Samaya Monong, Kamis 17 Agustus 2023.

BACA JUGA:   Pemkab Gunung Mas Gelar Rembuk Stunting 2024

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini pemerintah Kabupaten Gunung Mas masih banyak kekurangan dalam menjalankan berbagai program yakni, terkait dengan konsep pengembangan smart agro.

“Dimana kendala yang dihadapi, antara lain regenerasi petani yang sangat minim dengan berbagai macam faktor, salah satunya faktor usia petani sangat berpengaruh terhadap kemampuan produksinya,” tuturnya.

Selain itu kata Jaya, saat ini Kabupaten Gunung Mas masih berhadapan dengan masih tingginya peredaran narkoba di wilayah. Walaupun saat ini Kabupaten Gunung Mas sudah memiliki tempat rehabilitasi narkoba sederhana sebagai bagian dari upaya untuk menyelamatkan generasi penerus bangsa ini.

BACA JUGA:   Penggunaan APBD Harus Efektif dan Berpihak ke Masyarakat

Kemudian, masyarakat di Kabupaten Gunung Mas masih banyak yang bergantung dengan mata pencaharian yang tidak berkelanjutan yaitu ekstraksi Sumber Daya Alam (SDM) yang tidak terbaharukan.

“Ini menjadi tugas berat kita bersama di waktu yang akan datang untuk mulai bergeser ke mata pencaharian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan,” harap Jaya Samaya Monong. (Ale)