Median Jalan di Kota Kasongan Kembali Makan Korban, Warga Minta Dipasang Rambu Lalu Lintas

DOKUMEN/BERITA SAMPIT - Suasana Median Jalan yang dibangun di depan Kantor Bupati Katingan KM 02 Jalan Trans Kalimantan Kasongan-Palangka Raya.

KASONGAN  Kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) kembali terjadi di dalam kota Kasongan, seorang pengendara motor tewas setelah menabrak median jalan yang masih dibangun di depan Kantor Bupati Katingan Jalan Tjilik Riwut Km 1 Kasongan-Palangka Raya.

Pengendara yang meninggal bernama Rahmadi (22) warga Jalan Tjilik Riwut Km.3 RT. 014/RW.003, Kelurahan Kasongan Lama, Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan.

Kejadian ini merupakan kali kedua yang merenggut nyawa setelah pembangunan median jalan.

Pertama kasus lakalantas terjadi pada tanggal 28 Juli 2023 yang melibatkan sebuah dump truk dan pengendara motor.

Kecelakan tersebut menewaskan pengendara bernama Andri Setiawan setelah menabarak bagian belakang dump truk saat ingin memutar median jalan. Kemudian berselang satu hari di tempat yang sama sebuah truk pengakut ayam terbalik, beruntung tak ada korban namun kondisi truk rusak parah.

BACA JUGA:   Umat Kristiani Kasongan Ramai Ziarah Kubur pada Malam Paskah

Kejadian ketiga terjadi Kamis 16 Agustus 2023 malam di depan kantor Bupati Katingan, seorang pengendara meninggal dunia setelah menabrak median jalan yang baru dibangun.

Diketahui Pemerintah Kabupaten Katingan sedang melakukan penataan dalam kota Kasongan dengan membangun median jalan.

Sebetulnya ada 5 titik yang dibangun median jalan tersebut di wilayah Kota Kasongan itu. Namun hingga tahun ini, baru sekitar tiga titik yang bakal ditangani sesuai kesepakatan saat rapat dengan pihak Balai Jalan serta Balai Transportasi.

Sesuai urutan tertinggi, ruas jalan yang dibangun median itu pertama di seputaran muara Jalan Soekarno-Hatta atau Depag, kemudian depan SPBU, depan Kantor Bupati Katingan dan kemudian jalan arah Bukit Raya dan simpang monumental ke arah Bukit Batu.

Pembangunan median jalan tersebut banyak mendapat respon positif dalam rangka menekan angka kecelakaan, namun pengerjaan median jalan tersebut juga mendapat sorotan dari warga terutama terkait rambu lalu lintas dan penerangan jalan selama kegiatan pengerjaan.

BACA JUGA:   Aktivitas Warga Kasongan Mulai Lumpuh Akibat Luapan Air Sungai

“Ya harusnya kan kasih lampu lalulintas atau apa lah yang menunjukan bahwa sedang ada pengerjaan jalan. Memang mungkin salah satu penyebab kecelakaan bisa disebabkan karena kecepatan penggendara. Tapi, ya karena faktor perbaikan jalan juga ada andil disitu,” ungkap Rangga warga Kasongan. Kamis 17 Agustus 2023.

Dia menuturkan keberadaan pembatas jalan memang ada manfaatnya. Tapi disisi lain, juga perlu penerangan guna menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Sebab tidak sedikit yang tertimpa musibah kecelakaan dengan menabrak pembatas jalan tersebut,” tambahnya.

Terpisah Kapolres Katingan AKBP I Gede Putu Widyana melalui Kasatlantas Polres Katingan, AKP Heriyanto ketika dimintai keterangan terkait lakalantas yang terjadi di depan Kantor Bupati masih belum memberikan komentar.

(Kawit)