Aktivitas Warga Kasongan Mulai Lumpuh Akibat Luapan Air Sungai

IST/BERITASAMPIT - Lurah Kasongan Lama bersama Banbinsa dan anggota Damkar dan Satgas BPBD Katingan saat melakukan pemantauan warga yang terdampak banjir di Kecematan Katingan Hilir.

KASONGAN – Aktivitas warga Kasongan mulai lumpuh akibat banjir yang meluap dari Sungai Katingan. Banjir ini melanda sejumlah wilayah yang ada di Kabuapten Katingan.

Menurut informasi yang diperoleh Berita Sampit, luapan air Sungai Katingan itu sudah merendam sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Katingan.

Diketahui air meluap di Daerah Aliran Sungai (DAS) Katingan mulai dari wilayah bagian hulu Kecamatan Bukit Raya hingga ke wilayah bagian hilir.

BACA JUGA:   Siswa SMA Negeri 2 Kasongan Bagikan 200 Paket Takjil untuk Masyarakat

Lurah Kasongan Lama Sugi Hartato saat dikonfirmasi, pada Minggu 10 Maret 2024 menyebut, bahwa saat ini di wilayahnya sudah mulai kebanjiran, saat ini pihaknya melakukan patroli dan pendataan yang terdampak banjir bersama dengan Babinsa dan anggota Satgas Damkar Katingan.

“Kami juga masih menunggu laporan dari ketua RT untuk sementara di peroleh sekitar 50 rumah yang ada, yang terdampak banjir sekitar 150,” ungkap Lurah Kasongan Lama, Sugi Hartato kepad awak media.

BACA JUGA:   Kasus Pencurian Sarang Burung Walet di Katingan Berakhir Damai

Selain itu dirinya juga mengungkapkan, saat ini ada sejumlah wilayah yang terdampak banjir, seperti di Jalan Marapi RT 11, RW 03 Kelurahan Kasongan Lama, dan untuk saat ini salah satu rumah warga yang terkena banjir, dengan ketinggian air mencapai sekitar 10 cm.

“Ada beberapa rumah yang terdampak banjir, dan untuk akses jalan terputus, warga menggunakan trasportasi perahu kayu, untuk aktivitas sehari-hari,” pungkasnya.

(Bitro)