Bupati Kotim Minta Dinas PUPR Segera Perbaiki Badan Jalan di Desa Bangkuang Makmur 

IBRAHIM/BERITA SAMPIT- Halikinnor saat meninjau Jalan di Desa Bangkuang Makmur, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Halikinnor minta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) setempat menerjunkan alat berat untuk menambah lebar badan jalan di RT 04, Desa Bangkuang Makmur, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

“Saya minta Dinas PUPR segera menerjunkan alat berat untuk melebarkan jalan ini,” kata Halikinnor saat meninjau jalan tersebut, Jumar, 18 Agustus 2023.

Menurut Halikinnor jalan tersebut sudah ada badan jalannya. Atas permintaan warga setempat untuk ditingkatkan, karena memang belum pernah ditingkatkan. Jalan yang akan ditingkatkan itu sepanjang kurang lebih 800 meter agar memudahkan warga yang melintas.

“Saya minta segera saja alat berat dikerahkan, paling tidak untuk pelebaran badan jalan dulu. Setelah itu, kita lihat kemampuan anggaran di perubahan atau APBD murni tahun berikutnya, untuk peningkatan jalan ini,” tegasnya.

BACA JUGA:   Dilaporkan PT SCC Padahal yang Diklaim Lahan yang Tidak Pernah Diganti Rugi

Warga Desa Bangkuang Makmur memang mengharapkan peningkatan jalan itu, karena bisa memangkas waktu tempuh menuju kantor desa maupun sekolahan. Adapun badan jalan yang akan ditingkatkan tersebut berada di bagian barat dari Kantor Desa Bangkuang Makmur.

“Urgensinya, jalan ini bisa dimanfaatkan warga sebagai akses menuju kantor desa. Serta bisa dilalui anak-anak menuju sekolahnya dan memang jaraknya lebih dekat dari dalam sini,” lanjutnya.

Menurutnya, siswa terpaksa memutar sekitar 3 km menuju sekolahnya, melintasi Jalan HM Arsyad yang terbilang rawan lantaran tingginya jumlah kendaraan yang lalu-lalang di sana. Apalagi di jalur itu memang sering terjadi kecelakaan.

BACA JUGA:   Kalapas Sampit dan Ka KPLP Raih Predikat Camlaude Wisuda di UPR

“Harapan kita paling tidak dengan adanya jalan ini nanti, warga bisa lebih aman dan nyaman,” kata Halikinnor.

Sementara itu, warga RT 04 Desa Bangkuang Makmur yang mendengar langsung instruksi Bupati Kotim itu, menegaskan siap membantu kelancaran pembangunan jalan.

“Kami di sini juga siap membantu menjaga alat berat untuk peningkatan jalan itu nanti, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata salah satu warga diamini lainnya.

(Ibra)