Puluhan Mahasiswa KKN UPR Dikembalikan ke Kampus

IST/BERITA SAMPIT -  Asisten I Setda Gunung Mas Lurand didampingi dosen pembimbing dan para mahasiswa KKN UPR

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah melaksanakan acara pengembalian Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Palangka Raya (UPR kepada pihak kampus yang digelar secara seremonial di aula Bappedalitbang, Jumat 18 Agustus 2023.

Asisten I Setda Gunung Mas Lurand menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya atas kerjasamanya selama ini.

“Kepada Universitas Palangka Raya melalui Lembaga, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Palangka Raya kami ucapkan terimakasih, yang telah mempercayakan Kabupaten Gunung Mas sebagai tempat dan lokasi penyelenggaraan KKN-T Reguler UPR Periode I Tahun 2023,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, keberadaan kelompok mahasiswa KKN di wilayah Kabupaten Gunung Mas dapat memberi dampak yang positif bagi masyarakat setempat.

“Besar harapan kami kedepan kita tetap terjalin kerjasama dalam bentuk program dan kegiatan yang lainnya,” ucapnya.

Bentuk operasional dari kerjasama kata Lurand, ini adalah melalui program kuliah kerja nyata tematik dan reguler UPR dan pengabdian kepada masyarakat lainnya oleh civitas akademika Universitas Palangka Raya.

BACA JUGA:   PPPK Harus Menunggu 10 Tahun Baru Bisa Mengajukan Pindah

“Pembangunan daerah yang sedang kita laksanakan sekarang ini di Kabupaten Gunung Mas merupakan upaya bersama dari seluruh komponen masyarakat yang ada, mulai dari pemerintah dari tingkat pusat sampai tingkat desa, legislatif, pihak swasta, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, pemuda, organisasi masyarakat, LSM, perguruan tinggi, media serta seluruh masyarakat itu sendiri,” jelasnya.

Lalu Lurand terangkan, bahwa Penarikan Mahasiswa KKN-Tematik Reguler Universitas Palangka Raya Periode I Tahun 2023 di Wilayah Kabupaten Gunung Mas sebagai tindak lanjut pelaksanaan kesepakatan bersama antara pemerintah daerah setempat bersama Universitas Palangka Raya.

“Sebelumnya kita melakukan perjanjian kerja sama pembangunan daerah dan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi  sejak Tanggal 28 April 2021, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan,” sebut Lurand.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya Herry Redin menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Pemerintah Kabupaten Gunung Mas atas dukungan kepada para mahasiswa yang telah melaksanakan KKN.

BACA JUGA:   Inovasi Teknologi Daerah: Menuju Kabupaten Gunung Mas yang Lebih Maju

“Kami ucapkan terimakasih kepada Bapak  bupati Gunung Mas  dan jajarannya karena telah menerima mahasiswa kami yang melaksanakan pengabdian mereka kepada masyarakat selama dua bulan di Gunung Mas,” ujar Henry Redin.

Dijelaskannya juga adanya kerjasama antara Universitas Palangka Raya bersama dengan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas dapat terus berlanjut dan dapat ditingkatkan lagi kedepannya.

“Apa yang menjadi kerjasama ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi Kabupaten Gunung Mas maupun pihak Universitas Palangka Raya sendiri,” ujarnya.

Selain itu, Henry mengapresiasi kepada para mahasiswa KKN yang telah menyelesaikan tugasnya dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat.

“Apa yang sudah dikerjakan, dapat memberikan manfaat kepada desa dan kemajuan masyarakat,” tutupnya. (Ale)