Ini Upaya Pendidik PAUD Tingkatkan Pengetahuan Anak dengan Cara Menyenangkan

REDHA/BERITASAMPIT - Beberapa Pendidik PAUD ikuti sosialisasi program pendidikan yang akan diwajibkan pada tahun 2024.

TAMIANG LAYANG – Pendidik dari TK Harapan Jaweten, Lasria Megawati Limbong angkat bicara mengenai pendidik dengan metode atau strategi yang menyenangkan dan mendidik dengan cara yang disukai peserta didik.

Dalam Kurikulum Merdeka saat ini Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), menurutnya, memiliki aturan yang menekankan pada cara mendidik yang menyenangkan agar pada masa transisi ke Sekolah Dasar (SD) sudah mampu mengenal dunianya yang baru.

“Mengenal huruf dan angka itu masih normal namun menggunakan metode yang menyenangkan,” katanya, 22 Agustus 2023.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Bartim Harap Ketua KONI Terpilih Mampu Memberikan Dampak Baik Bagi Olahraga

Adapun metode yang dilakukannya seperti kegiatan di luar sekolah dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada mampu membuat suasana belajar menjadi menyenangkan peserta didik.

“Kita melakukan pendidik mengunakan metode Outdoor Study sekali dalam satu bulannya hal ini bisa memberi pengalaman sacara langsung, misal di taman dan kebun kita bisa mengenalkan apa saja yang ada di sana,” tuturnya.

BACA JUGA:   KNPI Kabupaten Barito Timur Safari Ramadan di Tiga Kecamatan

Adapun harapan dari pendidik PAUD ini dalam sosialisasi BPMP tentang Kurikulum Merdeka agar para orang tua bisa mengerti bagaimana proses pendidikan di tingkat usia dini.

“Kami berharap agar para orang tua nanti bisa saling mengerti kita dan mampu mendidik dengan cara menyenangkan yang tidak terpaku agar peserta didik harus bisa membaca, menulis, atau berhitung,” tutupnya.

(Redha)