Sukamara Diselimuti Kabut Tipis, Diduga Dampak Karhutla di Wilayah Perbatasan Kalbar

Karhutla : IST/Berita Sampit - Anggota BPBD Sukamara saat melakukan pemadaman kebakaran lahan di wilayah Kecamatan Pantai Lunci.

SUKAMARA – Kabupaten Sukamara terkena dampak dari kebakaran hutan dan lahan yang terjadi diwilayah perbatasan Kalimantan Barat, hal itu menyebabkan kabut asap tipis di wilayah Kabupaten Sukamara.

Kepala BPBD Sukamara, Agus Mulyanto mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Ketapang dan Kalimantan Barat terkait tingginya kebakaran lahan di wilayah perbatasan Kalbar yang langsung berbatasan dengan Kabupaten Sukamara.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak dari Kabupaten Ketapang dan juga dengan BPBD Provinsi Kalimantan Barat, terkait dengan besarnya kebakaran lahan di wilayah perbatasan Kalbar Kalteng,” kata Agus Mulyanto, Rabu 23 Agustus 2023.

BACA JUGA:   Sukseskan Program PPTPKH, Pj Bupati Sukamara Siapkan Beberapa Langkah

Menurut Agus, pihaknya meminta BPBD Kabupaten Ketapang dan Provinsi Kalimantan Barat untuk bisa melakukan upaya pemadaman lantaran lokasi kebakaran lahan yang dekat dengan wilayah Kabupaten Sukamara.

“Kami minta agar mereka bisa berkoordinasi atau berkomunikasi dengan pihak perusahaan terdekat dengan lokasi karhutla untuk melakukan pemadaman, karena dalam tiga hari terakhir memang sangat besar kebakaran diwilayah Kalbar itu dan dampaknya bisa sampai Sukamara,” terang Agus Mulyanto.

BACA JUGA:   Amankan Pasokan dan Harga Pangan, Pemkab Sukamara Gelar Pasar Murah 

Agus Mulyanto menjelaskan kesulitan yang dialami pihak Kalimantan Barat terkait dengan upaya pemadaman Karhutla adalah lokasi yang sulit dijangkau serta sarana prasarana yang tidak memungkinkan untuk melakukan pemadaman di lokasi yang sulit dijangkau.

“Kendalanya alat, personel juga lokasi yang jauh, karena itu kami menyarankan agar mereka melakukan koordinasi dengan pihak perkebunan kelapa sawit terdekat untuk bisa ikut membantu dalam upaya penanggulangan karhutla,” tukas Agus Mulyanto. (enn)