Legislator Kalteng: Infrastruktur di Pelosok Perlu Perhatian

HARDI/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kalteng Henry M. Yoseph

PALANGKA RAYA – Legislator DPRD Kalteng Henry M. Yoseph mengatakan, infrastruktur di pelosok seperti jalan maupun jembatan banyak yang memerlukan perhatian baik dari segi pembangunan maupun peningkatan.

“Infrastruktur di pelosok perlu perhatian, ada banyak wilayah pelosok yang belum memiliki infrastruktur memadai sebagai akses bepergian masyarakat,” ucapnya minggu 27 Agustus 2023.

Ia menjelaskan, seperti di wilayah DAS Barito utamanya Kabupaten Murung Raya. Disana masih terdapat banyak desa di pelosok yang tidak ada sama sekali akses darat.

BACA JUGA:   DPRD Kalteng Bahas Empat Raperda Inisiatif

Hal itu tentu sangat memprihatinkan, sebab infrastruktur jalan dan jembatan merupakan akses penting bagi masyarakat saat ini, untuk bepergian antar daerah, dan itu memerlukan perhatian dari pemerintah daerah (pemda).

“Seperti Desa Mangkunjung, desa itu bisa dikatakan terisolasi karena tidak ada memiliki akses darat. Untuk bepergian masyarakat harus menggunakan trasportasi sungai yakni perahu mesin atau kelotok,” lugasnya.

Ia juga menambahkan bahwa, akibat terisolasi karena tidak memiliki akses darat berimbas terhadap sejumlah hal, misalnya saja harga bahan pokok yang mahat, sulit masuknya jaringan listrik hingga telekomunikasi.

BACA JUGA:   Saling Menghormati dan Tetap Menjaga Toleransi di Bulan Ramadan

Maka dari itu, hendaknya hal ini agar menjadi perhatian serius atau fokus pemda dalam melaksanakan program pembangunan terutama yakni pemerataan pembangunan infrastruktur hingga pelosok.

“Saya rasa tidak hanya di DAS Barito saja, tapi daerah lain juga banyak desa yang masih terisolasi. Jadi kita minta ini diperhatikan, yang kita inginkan pastinya seluruh daerah di Kalteng ini terkoneksi infrastruktur jalan memadai,” pungkasnya. (Hardi)