Jalan Sehat Hingga Penyuluhan Kesehatan Warnai Peringatan HUT RI Ke-78 di Puskesmas Tualan Hulu

ANDREA IRAWAN / BERITA SAMPIT - Dokumentasi saat start pelaksanan acara jalan sehat yang diadakan oleh Pihak Puskesmas Tualan Hulu di Desa Merah Kecamatan Tualan Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur pada Minggu (27/08/2023)

SAMPIT – Puskesmas Tualan Hulu yang berada di Desa Merah Kecamatan Tualan Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78 dengan mengadakan acara jalan sehat, senam bersama dan mengadakan penyuluhan tentang kesehatan.

Disamping itu berbagai macam lomba juga digelar untuk anak sekolah di tingkat PAUD dan TK serta Sekolah Dasar yang lokasinya berada dekat dengan Kantor Puskesmas Tualan Hulu, yang dilaksanakan pada tanggal 26-27 Agustus 2023.

Ketua Panitia Peringatan HUT RI ke-78 di Puskesmas Tualan Hulu Andre Irawan mengatakan, selain bertujuan untuk memeriahkan acara peringatan HUT RI ke-78 kegiatan yang digelar juga menjadi sebagai salah satu wujud kepedulian dan kecintaan kepada tanah air, bangsa dan negara selaku generasi penerus bangsa untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan dalam mengisi hari kemerdekaan Republik Indonesia serta juga mempunyai makna agar bisa terjalin tali silaturahmi dan rasa kebersamaan serta persaudaraan yang lebih erat lagi antar sesama warga masyarakat.

Dengan adanya acara ini diharapkan agar pihak puskesmas dan masyarakat sekitarnya bisa tetap menjalin tali silaturahmi yang lebih erat lagi serta menumbuhkan rasa kebersamaan agar bisa saling bersinergi dalam menjalankan dan melaksanakan program-program dibidang kesehatan oleh Puskesmas Tualan Hulu agar nantinya secara bersama-sama semua lapisan masyarakat yang ada di Kecamatan Tualan Hulu saling bekerja sama dan bahu membahu mewujudkan pola hidup warga masyarakat Tualan Hulu yang sehat.

“Acara jalan sehat dan berbagai perlombaan yang dilaksanakan di lingkungan Puskesmas Tualan Hulu ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 Tahun dan juga sebagai salah satu sarana untuk mempererat tali silaturahmi dan rasa kebersamaan terutama antara pihak puskesmas dan warga masyarakat sekitar yang ada di sekitar wilayah Kantor Puskesmas Tualan Hulu supaya bisa saling bersinergi dalam melaksanakan semua program dan permasalahan khususnya di bidang kesehehatan,” ujar Andre Irawan menerangkan, Senin 28 Agustus 2023.

BACA JUGA:   Pejabat di Kotim Ini Bantah Diperiksa BPK RI

Andre Irawan melanjutkan acara perlombaan yang dilaksanakan hanya untuk anak-anak sekolah tingkat PAUD dan TK dan di tingkat SD saja yang berlokasi dekat Kantor Puskesmas Tualan Hulu berada yang ada di sekitar wilayah ibukota Kecamatan Tualan Hulu yakni Desa Luwuk Sampun, Desa Merah dan Desa Tumbang Mujam.

Adapun lomba yang dadakan diantaranya lomba makan kerupuk, lomba mewarnai, lomba lari kelereng, lomba memasang kaos kaki dan juga ada lomba menyanyikan lagu wajib nasional, yang dilaksanakan pada hari Sabtu 26 Agustus 2023. Sedangkan untuk acara jalan sehat dan senam bersama serta penyuluhan atau sosialisasi tentang kesehatan pesertanya yaitu siswa siswi PAUD dan TK, murid sekolah dasar beserta dewan gurunya selain itu juga di ikuti oleh orang tua/wali murid sekolah tersebut dan juga masyarakat sekitar lingkungan Kantor Puskesmas Tualan Hulu yang dilaksanakan Minggu 27 Agustus 2023 sekitar pukul 07.00 WIB.

“Pelaksanaan acara perlombaan yang kita adakan yaitu untuk jenjang sekolah PAUD/TK dan tingkat SD saja yang dilaksanakan pada hari Sabtu 26 Agustus 2023 kemudian pada hari Minggu 27 Agustus 2023 kita mengadakan acara jalan sehat dan senam bersama sekaligus kita adakan penyuluhan sosialisasi tentang kesehatan dimana pesertannya adalah murid PAUD/TK dan SD beserta dewan guru dan juga wali muridnya serta warga masyarakat sekitar kantor Puskesmas Tualan Hulu kemudian pada pelaksanaan acara itu juga kita siapkan beberapa hadiah dan dorprize untuk peserta yang beruntung”, ujar Andre sapaan akrabnya menjelaskan.

Kepala Puskesmas Tualan Hulu yakni dr. Hans Jala Dara menambahkan, kegiatan perayaan hari kemerdekaan bulan agustus di lingkungan Puskesmas Tualan Hulu khususnya acara jalan sehat ini merupakan acara perdana yang kita laksanakan dan untuk persiapan serta acara yang dilaksanakan hanyalah acara kecil-kecilan saja dengan persiapan seadanya, namun masyarakat yang ada disekitar sangat tinggi antusiasnya dalam mengikuti acara tersebut.

BACA JUGA:   Malam Idul Fitri 1445 Hijriah di Kotim Akan Dimeriahkan Takbiran Keliling dan Lomba Bedug

Ia pun berharap kedepan bisa melaksanakan lagi dilingkup yang lebih besar agar bisa untuk bersama-sama saling memberikan sinergisitas untuk membangun dan kemajuan bersama khususnya dalam bidang kesehatan.

“Acara perayaan hari kemerdekaan ini terutama jalan sehat perdana kita laksanakan di Puskesmas Tualan Hulu ini, awalnya kita hanya melaksanakan acara lomba kecil-kecilan dengan persiapan seadanya namun diluar dugaan ternyata antusian warga sekitar sangat tinggi mengikutinya, semoga kedepannya bisa dilaksanakan lagi dalam ranah skala lebih besar acaranya dan semoga melalui acara ini kita bisa lebih menjalin kebersamaan serta bisa melakukan promosi tentang kesehatan kepada warga serta kita bisa saling bersinergi dalam bidang kesehatan untuk menghadapi permasalahan-permasalahan kesehatan khusunya yang ada pada warga masyarakat di Kecamatan Tualan Hulu”, tutur dr.Hans Jala Dara atau dr Hans panggilan akrab sehari-harinya.

Hans juga menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi kepada semua pihak yang telah ikut mendukung  dan membantu untuk memeriahkan acara tersebut sehingga terlaksana dengan sukses.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan semua pihak dan lapisan masyarakat yang telah ikut andil dan mendukung menyukseskan acara tersebut dan kami sangat berterima kasih kepada pihak perusahaan PT. Hutan Sawit Lestari (HSL) terutama untuk di bagian CSR dan bagian Klinik Polibun PT.HSL yang telah membantu pendanaan untuk hadiah dan dorprize yang telah diberikan,” ucap dr. Hans menambahkan keterangannya.

Pihak Puskesmas Tualan Hulu merasa sangat bersyukur acara perayaan hari kemerdekaan ini bisa terlaksana dan sangat berterima kasih kepada semua pihak masyarakat yang telah mendukung serta memberikan support dalam menyukseskannya pelaksanaan perayaan acara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 pada tahun 2023 dengan tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju,” (Andrea)