Operasi Zebra Telabang 2023 Akan Digelar, Masyarakat Dihimbau Lengkapi Surat Kendaraan

IST/BERITA SAMPIT – Poster pemberitahuan terkait Operasi Zebra Telabang 2023

PANGKALAN BUN – Jajaran Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Kotawaringin Barat (Kobar) akan kembali menggelar Operasi Zebra Telabang 2023 yang akan dilaksanakan pada 04 hingga 17 September 2023 mendatang.

Operasi Zebra Telabang ini juga nantinya akan dilaksanakan serentak di setiap daerah khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan sasaran penindakan pelanggaran lalu lintas di jalan raya.

Kapolres kobar, AKBP Bayu Wicaksono melalui waka Polres Kobar, Kompol Wihelmus Helky mengatakan, Operasi Zebra Telabang 2023 ini dilakukan dalam rangka menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas.

BACA JUGA:   Polresta Palangka Raya Berhasil Amankan 23 Barang Bukti dari Delapan Tersangka Curanmor

”Kegiatan Operasi Zebra Telabang 2023 ini nantinya akan dilaksanakan selama 14 hari,” kata Helky, Rabu 30 Agustus 2023 saat dijumpai beritasampit di ruang kerjanya.

Selain itu, ia juga meminta kepada warga masyarakat Kabupaten Kobar agar membawa surat perlengkapan saat berkendara, seperti Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) serta surat kendaraan lainnya.

”Kami juga berharap dalam operasi ini dapat bekerjasama dengan baik sehingga dapat mewujudkan Kamseltibcar yang aman, baik dan lancar,” ujarnya.

Sementara itu, menyangkut tilang elektronik dikatakannya masih belum bisa berjalan kerena sarana prasarana yang masih belum terpenuhi.

BACA JUGA:   Sopir Kabur Usai Jual CPO, Truk Ditinggal di Pinggir Jalan

“Tilang elektronik setiap daerah sudah berlaku, namun karena sarana prasarana kita belum memadai maka untuk sementara ini tilang secara manual masih berlaku demi kamtibnas,” ucapnya.

“Salah satu kegiatan rutin kita seperti sabtu malam 26 Agustus kemarin, kita mengamankan puluhan pengendara yang memakai knalpot brong. Ada 47 kendaraan yang memakai knalpot brong yang kita amankan,” ungkapnya.

Diharapkan, dengan adanya kegiatan rutin tersebut, masyarakat bisa lebih tertib dan bisa bertoleransi dalam berlalu lintas. (Hadi S.)