Ini Catatan Banggar DPRD Katingan

IST/BERITA SAMPIT - Juru Bicara Fraksi Golkar Rudi Hartono.

KASONGAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Rudi Hartono dalam pelaksanaan paripurna masa persidang ke-5 menjadi juru bicara dalam melaporakan hasil tim Badan Anggaran.

Usai membacakan rincian materi persidangan atas pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2022, Rudi juga membacakan saran dari DPRD Kabupaten Katingan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Katingan untuk penyelenggaraan pemerintahan pada tahun yang akan datang.

Hal pertama yang disampaikan oleh Rudi yakni, apresiasi kepada pemda katingan yang telah berhasil meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diperoleh atas pengelolaan keuangan pada tahun 2022.

BACA JUGA:   Dewan Minta Dinas Terkait Perhatikan PJU di Jalan Tjilik Riwut dan Ahmad Yani Kasongan

“Hal ini menunjukan bahwa pemda katingan telah melakukan perbaikan-perbaikan baiik disisi kepadatuhan terhadap paraturan perundang-undangan, sistem pengendali intern maupun pengelolaan keuangannya,”Ujar Rudi. Kamis 31 Agustus diruang paripurna DPRD Katingan.

Kemudian saran yang juga disampaikan yakni agar Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan secepatnya untuk menyelesaikan atau menindaklanjuti catatan-catatan yang menjadi temuan dari BPK RI Perwakilan Kalimantan Tengah Tahun Anggaran 2022 dan memberikan laporan perkembangan tindak lanjut dari catatan-catatan tersebut kepada DPRD Kabupaten Katingan.

BACA JUGA:   Dewan Ingat Perusahaan Terkait Kewajiban THR untuk Karyawan

Selanjutnya meminta agar Pemerintah Daerah melalui Satuan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ditargetkan untuk menggali Pendapatan Asli Daerah, agar dapat bekerja lebih maksimal lagi untuk menggali potensi – potensi Pendapatan Asli Daerah.

“OPD diharapkan bisa melakukan inovasi -inovasi yang baru mengingat target Pendapatan Asli Daerah yang kita targetkan bersama di Tahun 2023 ini cukup tinggi dari tahun-tahun sebelumnya,”Imbuhnya.

(Kawit)