Dishut Kalteng Tingkatkan Upaya Penanggulangan Karhutla

SYAHYUDI/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng, H. Agustan Saining, menyerahkan secara simbolis bantuan unit kendaraan kepada Kepala BPBPK Provinsi Kalteng, Ahmad Toyib dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalteng, Joni Harta.

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bersama instansi terkait terus berupaya dalam melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Dalam upaya menunjang pencegahan bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Kalimantan Tengah, kali ini Dinas Kehutanan Kalteng menyerahkan beberapa unit armada bantuan kepada BPBPK dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalteng.

“Hari ini kita menyerahkan dua unit kendaraan hilux dan satu mobil Slip On Kecil kepada BPBPK, ini bagian kita dalam rangka mengendalikan kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Tengah, dan Termasuk kita juga menyerahkan bantuan mobil operasional ke Dinas Lingkungan Hidup,” kata Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng, H. Agustan Saining, Jumat 1 September 2023.

BACA JUGA:   Sudah Membuktikan Perolehan Suaranya, Syauqie Figur Kuat Maju di Pilgub Kalteng

Terkait dengan kondisi Karhutla, Agustan membeberkan saat ini hampir setiap hari selalu ada titik hotspot api di Kalimantan Tengah.

“Situasi saat ini memang setiap hari ada beberapa titik terjadi kebakaran dan hotspot. Dan seluruh tim baik yang tergabung di SK Siaga Karhutla oleh Bapak Gubernur semuanya turun kelapangan, TNI, Polri, BPBPK, Kehutanan, Manggala Agni, MPA dan lainnya,” tambahnya.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Halikinnor Dinilai Layak Maju di Pilkada Kalteng 2024

Adapun bantuan yang diserahkan kepada BPBPK Provinsi Kalimantan Tengah yakni Mobil Hilux (4×4) sebanyak 2 unit, Roda 2 Lapangan sebanyak 2 (dua) unit, serta mobil Pemadam Kebakaran spesifikasi Fire Jeep Slip On 600 Liter sebanyak 1 unit.

“Sedangkan yang diserahkan kepada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah, yaitu Mobil Hilux (4×4) sebanyak 3 unit dan Roda 2 Lapangan sebanyak 12 (dua belas) Unit,” ungkapnya. (yud)