BMKG Prakirakan Bartim Diguyur Hujan dengan Intensitas Ringan

REDHA/BERITA SAMPIT - Mendung sore hari dan hujan turun saat malam, jalan simpang tiga mungkur-magantis, Kecamatan Dusun Timur. 

TAMIANG LAYANG – Prakirawan Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Ihsan mengatakan dalam laporannya bahwa dalam beberapa hari ke depan akan terjadi hujan non bencana banjir di wilayah Kabupaten Barito Timur (Bartim), Selasa 5 September 2023.

“Menurut perkiraan cuaca hari ini hingga besok berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat,” katanya.

Saat dihubungi tentang perubahan ke musim kemarau ke penghujan Ihsan mengatakan bahwa saat ini Kabupaten Bartim masih belum memasuki musim penghujan.

BACA JUGA:   Dishub Bartim Fasilitasi Pemudik Jelang Lebaran

“Saat ini belum memasuki musim penghujan, untuk prakiraan musim hujan biasanya dari pusat dulu, ketika sudah rilis baru kami mendiseminasikan,” ujar Prakirawan Provinsi Kalteng, Ihsan.

Diketahui bahwa dalam beberapa minggu wilayah Bartim tidak ada turunnya hujan memberikan dampak yang kurang baik bagi lingkungan seperti mudahnya pemicu karhutla, kurangnya pasokan air bersih di wilayah perbukitan tinggi dan mengeringnya lahan pertanian padi warga.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Bartim Harap Ketua KONI Terpilih Mampu Memberikan Dampak Baik Bagi Olahraga

Kepala Pelaksana BPBD-Damkar Kabupaten Barito Timur Ahmad Gazali menghimbau kepada masyarakat untuk selalu memperbaharui informasi terkait prakiraan cuaca dan kebencanaan, tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak dan tetap berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah.

“Masyarakat juga diharapkan untuk berhati-hati dan selalu memantau perkembangan kondisi sekitar sehingga resiko bencana dapat diantisipasi, dikurangi dan ditanggulangi,” ungkapnya.

(Redha)