Dewan Menilai Pengusaha Cangkang Sawit Abaikan Pengendara Seolah Jalan Miliknya Sendiri

NARDI/BERITA SAMPIT- Wakil Ketua I DPRD Kotim H Rudianur

SAMPIT – Wakil Ketua I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) H Rudianur menegaskan kepada pengusaha cangkang sawit agar memperhatikan pengendara lainnya karena muatannya sampai berhamburan di jalan.

“Betul pengguna jalan banyak mengeluhkan terkait angkutan cangkang sekitar Km16 ke Pelindo Bagendang seolah-olah jalannya sendiri,” kata Rudianur, Selasa 5 September 2023.

Rudianur menyebutkan masyarakat banyak mengeluh dengan adanya cangkang sawit yang berhamburan dan menyulitkan serta membahayakan pengendara.

Dirinya menegaskan agar para pengusaha cangkang atau para pengusaha angkutan mestinya memperhatikan pengguna jalan yang lainnya.

BACA JUGA:   Dinilai Merugikan Daerah, Dewan Desak Pemkab Cek Izin Galian C di Kecamatan Cempaga

Jangan sampai tidak memperhatikan muatan yang berlebihan sehingga berhamburan ke jalan merugikan orang lain dan jika sampai ada korban terjatuh harus bertanggungjawab.

Terlebih jalan tersebut adalah menuju luar daerah yang banyak dilalui masyarakat dengan kecepatan tinggi.

Diberitakan sebelumnya sejumlah pengendara sepeda motor yang melintas di Jalan HM Arsyad Km 16 Sampit mengeluh lantaran cangkang kelapa sawit yang dibiarkan berhamburan ke badan jalan.

BACA JUGA:   Kerusakan Jalan di Mentaya Hulu, DPRD Kotim: 2025 Akan Diperbaiki

Seorang pengendara sepeda motor yang berangkat dari Samuda, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan mengaku dirinya hampir terjatuh karena ban sepeda motor miliknya itu terpeleset di lokasi tersebut.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kotim melalui Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Nanang Suriansyah menyampaikan pihaknya akan melakukan pengawasan.

“Kami akan lakukan pengawasan terkait aktivitas pengangkutan cangkang sawit karena ini masuk wilayah Kotim,” kata Nanang, Senin 4 September 2023. (Nardi)