Kades se-Kabupaten Gunung Mas Studi Banding ke Jawa Barat

IST/BERITA SAMPIT - Rombongan Kades bersama pengurus BUMDes se-Kabupaten Gunung Mas saat foto bersama.

KUALA KURUN – Ratusan perangkat desa dan kecamatan se-Kabupaten Gunung Mas melakukan studi banding di Desa Wangisara, Kecamatan Majalengka Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Kunjungan tersebut dalam peningkat kapasitas kepala desa, perangkat desa dan pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Kegiatan ini akan dilaksanakan selama empat hari mulia dari tanggal 3-7 Agustus 2023 sesuai dengan jadwal pada surat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gunung Mas dengan jumlah peserta sekitar 414 yang terdiri dari kepala desa, perangkat desa maupun kecamatan, pengurus BUMDes,” ungkap ketua panitia studi banding Yulius, Selasa 5 September 2023.

BACA JUGA:   PPPK Harus Menunggu 10 Tahun Baru Bisa Mengajukan Pindah

Dikatakannya, tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk memberikan kesempatan kepada sejumlah kepala desa dan perangkatanya serta pengurus Bumdes se-Kabupaten Gunung Mas untuk mempelajari praktik terbaik dalam pelaksanaan pemerintah desa dan pengelolaan Bumdes yang telah dilakukan oleh desa Wangisari dan Niagara yang ada di Kabupaten Bandung.

“Kami berharap kegiatan yang dilakukan ini dapat menjadi wahana bagi peningkatan kapasitas dan pemahaman bagi sejumlah kepala desa beserta perangkatnya dalam menjalankan tugas dan tangung jawab di desa masing-masing,” sebut dia.

BACA JUGA:   Polres Gunung Mas Sasar Gereja Katolik Kuala Kurun Dalam Program Minggu Kasih

Lebih lanjut dikatakannya, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, telah dilakukan guna mendukung pemanfaatan potensi-potensi yang dimiliki oleh desa sebagai modal untuk membangun BUMDes kedepannya.

“Keberadaan Bumdes diharapkan dapat digunakan untuk kepentingan desa dalam hal mensejahterakan masyarakat desa, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa serta dapat meningkatkan pendapatan masyarakat yang ada di desa itu sendiri,” tutupnya. (Ale).