Kebakaran Lahan Terjadi di Jalan Jendral Sudirman Km 17 Sampit Jelang Magrib, Pengendara Diminta Berhati-hati

IST/BERITA SAMPIT - Kebakaran lahan di Jalan Jendral Sudirman Km 17 Sampit.

SAMPIT – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di Jalan Jendral Sudirman Km 17 Sampit, Kotawaringin Timur (Kotim), menjelang waktu Maghrib, Sabtu 9 September 2023.

Angin yang cukup kencang pada petang itu membuat kobaran api semakin meluas.

Salim, salah satu pengendara yang melintasi jalan tersebut menceritakan bahwa kobaran api besar itu menyala di pinggir jalan raya, sementara saat ini terus meluas masuk dalam lahan hutan.

BACA JUGA:   Pesantren Ramadan Digelar, Pelajar Diingatkan Makmurkan Masjid

“Apinya sudah menyebar sampai ke dalam-dalam, kearah belakang mendekati agro bukit (kebun sawit),” ujar Salim, Sabtu 9 September 2023 malam.

Kekhawatiran Salim bertambah setelah menyaksikan kobaran api yang sudah hampir membakar kabel listrik di sepanjang jalan tersebut.

“Api besar, jadi harus cepat-cepat. Apalagi ini hampir membakar kabel listrik, kalau lambat pemadamnya bisa terbakar kabel-kabel ini,” lanjutnya.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Sambangi Lokasi Perkebunan di Pelantaran yang Jadi Sengketa

Kejadian ini pun direspon BPBD Kotim dengan menyiagakan personil untuk melakukan pemadaman.

“Terimakasih, kita follow up,” ujar Kepala BPBD Kotim, Multazam.

Sebelumnya, pada hari yang sama tim BPBD baru saja memadamkan kebakaran lahan di Jalan Jendral Sudirman Km 2.5 Sampit, dengan mengerahkan puluhan personel pemadam, pasalnya kebakaran ini sudah sudah mendekati pemukiman penduduk.

(Ibra)