Bupati Kotim Resmikan Musala Al Ikhlas di Jalan Tjilik Riwut Km4 Sampit

NARDI/BERITA SAMPIT - Bupati Kotim saat memberikan sambutan acara peresmian Musala Al Ikhlas Gang H Idrus.

SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor meresmikan Musala Al Ikhas di Gang H Idrus Usman Jalan Tjilik Riwut Km4 Sampit, Kelurahan Baamang Barat, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), pada Selasa 12 September 2023.

Sebelumnya, Halikin juga yang melakukan prosesi peletakan batu pertama pendirian Musala tersebut pada Kamis 2 Maret 2023 lalu.

Ia berharap Musala Al Ikhas nantinya bisa terus diisi dengan salat berjemaah, jangan sampai musala yang sudah dibangun indah namun sepi dari umat muslim dan aktivitas keagamaan didalamnya.

Halikin mengatakan kegiatan pembangunan rumah ibadah merupakan gerakan positif dari masyarakat dalam rangka cinta kepada Allah SWT.

“Pahala yang berlimpah Insya Allah terus mengalir kepada pemberi wakaf, serta donatur dalam pembangunan musala. Selagi musala terus digunakan sebagai tempat ibadah maupun kegiatan keagaman,” ujar Halikin.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Perintahkan Perbaikan Jalan Rusak saat Safari Ramadan di Kecamatan Baamang

Biaya pembangunan musala Al Ikhlas sekitar Rp243 juta lebih dari para donatur serta komunitas yang turut yang membangun musala tersebut.

“Berlomba-lombalah dalam kebaikan, moto Kotim adalah Habaring Hurung yang artinya bergotong royong maka dibangunnya musala ini juga bersama-sama,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Seminggu Seribu Berhak Aipda Iwan menyampaikan pembangunan tersebut berkolaborasi dengan Persaudaraan Satu Hati Terate (PSHT) Kotim, Bold Riders, serta beberapa komunitas.

Musala dibangun di Tanah wakaf warga setempat, dibangun untuk kedua orang tuanya. Disekitar lokasi belum ada sarana ibadah, jarak menuju sarana ibadah terdekat sekitar 2 kilometer.

BACA JUGA:   Aksi Curanmor Digagalkan Warga, Pelaku Dapat Bogem Mentah

Ukuran Musala yang dibangun yaitu 6×8 meter, teras selebar 2 meter, Musala tersebut kedepannya juga sebagai Taman Pendidikan Al Quran (TPA).

Mereka atas saran Bupati menyampaikan proposal dan Bupati siap menganggarkan bantuan untuk TPA Musala tersebut.

Karena dibangun oleh beberapa komunitas, maka musala nantinya akan menjadi tempat kegiatan keagaman para komunitas, seperti buka puasa, kurban, pengajian dan sebagainya.

Selain di Gang Idrus Usman, mereka bersama komunitas membangun musala lainnya di Jalan Metro TV Kecamatan Mentawa Baru ketapang, serta Desa Patai Kecamatan Cempaga. (Nardi)