Dinas Pendidikan Bartim Gelar Pelatihan Teknis ANBK untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan

REDHA/BERITA SAMPIT - Proses persiapan ANBK dengan menonton pesan video dari Menteri Pendidikan.

TAMIANG LAYANG – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Barito Timur (Bartim) gelar kegiatan pelatihan teknis pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Prosedur Operasi Standar Penyelenggara assessment manual berbasis komputer pada sekolah dasar di Aula Disdik setempat, Rabu 13 September 2023.

Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan, Lilia riani saat memberikan materi kepada guru-guru SD se-Kabupaten Bartim bahwa ada peserta didik yang masuk kategori dan tidak diantaranya adalah anak berkebutuhan khusus.

BACA JUGA:   KNPI Kabupaten Barito Timur Safari Ramadan di Tiga Kecamatan

“Ada beberapa yang tidak bisa mengikuti ANBK namun tetap akan mendapatkan penilaian tersendiri,” ujarnya.

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan, Lufy Pramono juga menjelaskan bahwa nanti saat pelaksana ANBK penilaian secara langsung oleh pusat.

“Jadi saat ANBK nanti peserta didik akan melakukan pengujian secara online yang menjawab soal langsung lewat komputer,” tuturnya.

BACA JUGA:   Dishub Bartim Fasilitasi Pemudik Jelang Lebaran

ANBK adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Adapun kegiatan ANBK ini untuk Meningkatkan mutu pendidikan yang mengacu pada input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. (Redha)