Antisipasi Kenaikan Harga Beras, Perum Bulog KCP Buntok Salurkan Penjualan Beras SPHP

DEDDY/BERITA SAMPIT: Kepala Perum Bulog KCP Buntok Sutaryo (tengah) didampingi Kepala Gudang Sunardi (kiri).

BUNTOK – Perum Bulog KCP Buntok Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menyaalurkan penjualan beras SPHP ke beberapa RPK mitra penjulan mengantisipasi lonjakan kenaikan harga beras lokal di pasar.

Adapun Harga Eceran Tertinggi (HET) terbaru, untuk penjulan beras SPHP tersebut sebesar Rp. 11.500 per kilogram sedangkan kemasan 5 kilogram sebesar Rp.57.500.

“Jadi pedagang pengecer, melalui RPK menjual ke konsumen terakhir yakni masyarakat penerima manfaat,” kata Kepala Perum Bulog KCP Buntok Sutaryo Kamis, 14 September 2023.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

“Stok beras di Perum Bulog KCP Buntok saat ini masih aman bahkan akan menerima suplai beras sebanyak 350 ton. Selain itu juga dalam waktu dekat, akan ada penyaluran bantuan pangan dari pemerintah pusat untuk Barsel dan Kabupaten Barito Timur (Bartim) untuk tiga bulan alokasi September, Oktober dan November 2023 ini,” sambungnya.

Menurutnya, saat ini Perum Bulog KCP Buntok masih dalam tahap pengemasan dari kemasan 50 kilogram ke kemasan 10 kilogram dan untuk sementara hasil ribes hingga kemarin sudah 85 ton yang siap disalurkan, sedangkan untuk mitra transpoter adalah pihak Kantor Pos setempat.

BACA JUGA:   Tokoh Pemuda Desa Baru Gelar Lomba Pawai Tanglong dan Bagarakan Sahur

“Untuk diketahui bersama beras SPHP kualitasnya premium dengan harga medium yakni dengan HET  sebesar Rp 11.500 tentun ini harga yang miring. Apabila dibandingkan dengan beras-beras lokal yang beredar di pasar plaza beringin, pasar saik, pasar terowongan (pasar tradisional) maupun ditingkat pengecer yang lainnya,” tukas Sutaryo.(Deddy)