Dewan Ajak Gandengan Tangan Atasi Masalah Sanitasi di Gunung Mas

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Ketua Komisi III DPRD Gunung Mas Iceu Purnamasari.

KUALA KURUN – Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Iceu Purnamasari mengajak pemerintah maupun elemen masyarakat untuk bergandengan tangan mengatasi permasalahan sanitasi.

“Ini sangat memprihatinkan masih ada kasus sanitasi buruk di Gunung Mas, padahal kami berharap dari beberapa tahun yang lalu tidak ada cerita seperti itu lagi,”ungkap Iceu Purnamasari belum lama ini.

Legislator dari Partai Golongan Karya (Golkar) ini mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengatasi permasalahan sanitasi tersebut. Sehingga tidak merembet atau menimbulkan masalah lainnya seperti stunting.

BACA JUGA:   Dewan Tegaskan Penting Terus Pantau Kondisi Anak Melalui Posyandu

“Kita semua bergerak, semua perangkat daerah bergerak, kegiatan keagamaan, PKK dan organisasi masyarakat lainnya bisa bersama-sama mengatasi masalah sanitasi yang buruk ini,” tuturnya.

Masalah sanitasi ini kata Iceu, bisa berkaitan dengan masalah lain, salah satunya terkait stunting.

“Stunting kita sudah mulai membaik jangan sampai gara-gara sanitasi buruk ini memunculkan masalah stunting yang baru,” sebutnya.

Selain itu, dia memberikan contoh misalnya PKK bisa melalui pemerintah desa yang lebih dekat dengan masyarakat, sehingga masyarakat yang beradab di desa dapat mencari tahu apa permasalahan sanitasi buruk yang terjadi tersebut dan bisa dicarikan solusinya.

BACA JUGA:   Dewan: Perbaikan Infrastruktur di Dapil III Perlu Perhatikan Pemkab Gunung Mas

Lalu, ada berbagai organisasi yang bergerak di bidang kesehatan di Gunung Mas bisa membuat program untuk mengatasi masalah sanitasi, seperti bersama-sama membuat sumber air bersih untuk masyarakat dan lainnya.

“Kami harap, semua lapisan masyarakat termasuk berbagai organisasi masyarakat yang bergerak di bidang kesehatan bisa lebih giat lagi dalam menangani masalah sanitasi di Gunung Mas,” tutup Iceu Purnamasari. (Ale)