Polres Kobar Gelar Penandatanganan Komitmen Bersama dan Pakta Integritas Peredaran Gelap Narkotika

IST/BERITA SAMPIT - Kapolres Kobar disaksikan sejumlah undangan lainnya (ada Kades Pasir Panjang pakai Blangkon), tampak sedang menandatangani Komitmen Bersama.

PANGKALAN BUN – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kotawaringin Barat (Kobar) sejak dulu sampai sekarang tetap komitmen selalu siap membasmi peredaran narkotika di Bumi Marunting Batu Aji Kabupaten Kobar.

Bukti komitmen yang kesekian kali kembali digelar Jumat, 15 September 2023 di Kampung Bebas Narkoba Desa Pasir Panjang, dengan tema “Penandatanganan Komitmen Bersama dan Pakta Integritas Pencegahan Peredaran Gelap Narkotika, khususnya di pelosok Desa se-Kabupaten Kobar”.

“Kegiatan penandatanganan ini seiring dengan perintah Bapak Kapolri, khususnya dalam penanganan masalah narkotika di berbagai tempat khususnya di pelosok perdesaan se-Kabupaten Kobar,” kata Kapolres AKBP Bayu Wicaksono kepada sejumlah awak media.

BACA JUGA:   SMA Negeri 2 Kumai Bekali Siswa untuk Ikuti Olimpiade Sains Nasional

Menurut Kapolres, selama ini untuk melaksanakan pemberantasan dengan melakukan berbagai tahapan yang dimulai secara pre-emtif, yang pada dasarnya berupa pembinaan kegiatan-kegiatan positif bagi masyarakat.

“Kemudian, berlanjut upaya preventif berupa pengendalian dan pengawasan jalur resmi peredaran gelap narkoba. Dan upaya represif berupa penindaklanjutan dan penegakan hukum guna membuat pelaku menjadi jera dan tidak mengulangi perbuatannya lagi,” ujar Kapolres AKBP Bayu Wicaksono, yang mudah senyum ini.

Kapolres berharap dengan penandatanganan pakta integritas ini dapat mendukung dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di Wilayah Hukum Polres Kobar. “Karena untuk memberantas peredaran narkoba, Polri tidak bisa bekerja sendiri perlu kerjasama semua pihak khususnya elemen masyarakat,” imbuh Kapolres.

BACA JUGA:   Pj Bupati Kobar Minta Dikbud Lakukan Inovasi Perihal Perda Beasiswa

Diakui oleh Kapolres, dengan adanya Badan Narkotika Kabupaten ( BNK) Kobar dan sejumlah stakeholder lainnya tentunya akan saling melengkapi, untuk kerjasama memberantas peredaran narkoba.

“Oh ya, dipilihnya Desa Pasir Panjang yang telah banyak meraih prestasi, kedepannya bisa menjadi role model sebagai ‘KAMPUNG BEBAS NARKOBA’ dengan harapan semua desa lainnya di 6 kecamatan se-Kabupaten Kobar dapat mengikuti prestasi Desa Pasir Panjang,” pungkas Kapolres. (Man).