Pemda Diharapkan Lakukan Upaya Pengembangan SDM

Hardi/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kalteng Sirajul Rahman

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalteng Sirajul Rahman mengimbau, pemerintah daerah (pemda) baik provinsi, kabupaten, dan kota agar dapat terus melakukan upaya pengembangan terhadap sumber daya manusia (SDM) secara menyeluruh di Kalteng.

Ia menjelaskan, keberadaan SDM yang mempunyai ilmu pengetahuan serta kapasitas mumpuni sangat diharapakan serta diperlukan untuk keberlangsungan pembangunan kedepan, terlebih lagi generasi muda yang notabene sebagai ujung tombak penerus kepemimpinan maupun pembangunan berikutnya.

“Pengembangan SDM ini bisa dilakukan melalui berbagai upaya baik itu sektor pendidikan, pelatihan dan sebagainya. Pengembangan SDM sangat penting untuk daerah ini kedepan, sebab semakin banyak SDM yang berkualitas maka pembangunan pun akan semakin maju,” ucapnya, Selasa 19 September 2023.

BACA JUGA:   Legislator Kalteng Dorong Perda Diimplementasikan Dengan Baik

Ia menambahkan, yang paling krusial dalam upaya mengembangkan SDM terutama dari segi ilmu pengetahuan yakni sektor pendidikan. Oleh karena itu, peningkatan pada sektor tersebut perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah baik sarana dan prasarana hingga pemenuhan keberadaan tenaga guru.

Selain itu, ketika sektor pendidikan sudah mendapat perhatian maksimal untuk mendukung serta menambah kapasitas atau skill SDM tersebut maka selanjutnya perlu diberikan pelatihan diberbagai bidang. Sebab, didalam dunia kerja tidak hanya ilmu pengetahuan yang diperlukan akan tetapi juga skill untuk menunjang kinerja.

BACA JUGA:   Anggota DPRD Kalteng Apresiasi Kepolisian Ungkap Kasus Pencurian Pecah Kaca Mobil

“Memiliki SDM berkualitas secara merata itu menjadi salah satu kunci keberhasilan suatu daerah untuk berkembang dan maju. Selain itu juga apabila SDM kita memiliki kapasitas atau skill maka didalam dunia kerja mereka akan mampu bersaing, dan dari situ angka pengangguran serta kemiskinan pun dapat ditekan,” pungkasnya. (Hardi)