Bupati Kotim Lepas Keberangkatan Logistik Pilkades 2023 ke 76 Desa

NARDI/BERITA SAMPIT - Bupati Kotim saat melepas keberangkatan logistik pelaksanaan Pilkades ke 76 desa di Kotim.

SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor melepas keberangkatan logistik ke 76 desa untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang dilaksanakan Sabtu 23 September 2023.

Halikinnor menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlihat untuk mewujudkan lancarnya Pilkades.Dirinya juga berharap agar Kecamatan turut berperan dan pengawasan jalannya Pilkades di lapangan jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Termasuk aparat keamanan TNI, Polri, Satpol PP dan lainnya menjaga kondusifitas Pilkades menjelang pelaksanaan, maupun hingga akhirnya nanti dilantik Kades terpilih,” kata Halikin saat melepas keberangkatan logistik pilkades, Rabu 20 September 2023 di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kotim.

BACA JUGA:   Duduki Lahan Bawa Sajam Hingga Lakukan Pemanenan, Kuasa Hukum: Kuasai Lokasi Atas Surat Tugas Pengacara, Itu Tidak Dibenarkan!

Ia menyampaikan pelaksanaan Pilkades dilaksanakan karena berakhir masa kerja dan kades mengundurkan diri mengikuti pemilihan legislatif (pileg).

Pertimbangan dilaksanakannya Pilkades lebih dulu dari Pileg dan Pilpres karena jika ditunda harus menunjuk sebagai Penjabat Kades maka harus ASN

Sementara sumberdaya manusia di desa-desa sangat terbatas sehingga ASN juga terbatas, kebanyakan dari tenaga kesehatan atau pendidikan, itu dapat menggangu kinerja mereka melayani masyarakat jika menjadi Penjabat Kades.

Selain Halikin turut hadir Wakil Bupati Kotim Irawati, Sekda Kotim Fajrurrahman, Assisten I Setda Kotim Rihel, seluruh Camat Kotim dan undangan lainnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Raihansyah menyampaikan hari Pilkades pada Sabtu 23 September 2023 adalah hari libur Kotim.

BACA JUGA:   Panen Massal di PT AKPL, Warga Bermalam Hingga Buka Warung di Lokasi

Dengan jumlah 253 Calon Kepala Desa (Kades) diikuti 70.752 orang pemilih, terdiri dari laki-laki 37.011 orang, dan perempuan 33.7011 orang.

Dilaksanakan di 16 kecamatan di 76 desa di Kotim dengan 204 TPS, pengembalian logistik pemungutan suara paling lambat 30 hari sejak penetapan calon kades terpilih atau paling lambat 25 Oktober 2023.

Awalnya ada 77 desa yang berpartisipasi, kemudian karena ada satu desa tidak memenuhi syarat, yaitu Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sudah berakhir, Desa Tumbang Kaminting Kecamatan Bukit Santuai. (Nardi)