Dua Hari Diguyur Hujan Tiga Desa di Utara Kotim Dilanda Banjir

IST/BERITA SAMPIT - Tangkap layar tim BPBD Kotim saat melakukan pendataan di kecamatan Tualan Hulu.

SAMPIT – Banjir menerjang beberapa desa di wilayah utara Kabupaten Kotawaringin (Kotim), yakni di Kecamatan Tualan Hulu. Bahkan tim Badan Penanggualngan Bencana Daerah (BPBD) Kotim, sudah melakukan pengecekan dan pendataan sejumlah rumah yang terendam banjir. Namun hingga saat ini BPBD belum memberikan data terkait sejumlah rumah yang terendam banjir.

Camat Tualan Hulu, Admadi Sastra menuturkan, adanya banjir ini karena adanya intensitas curah hujan yang cukup tinggi selama dua hari berturut- turut yang menimpah wilayah tersebut.

BACA JUGA:   Spesialis Garong Buah Sawit Milik Warga dan Perusahaan Dibekuk Polisi

“Intensitas hujan dua hari kemarin membuat Sungai Tualan meluap hingga menyebabkan banjir di tiga desa, yakni Tumbang Mujam, Mirah, dan Luwuk Sampun,” jelas, Admadi Sastra, Kamis, 22 September 2023.

Hujan deras di wilayah Utara Kotim tersebut sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir khususnya di wilayah Kecamatan Tualan apalagi desa-desa ini berada di tepi Sungai Tualan, sehingga paling rawan terdampak banjir jika air sungai meluap.

BACA JUGA:   PKB Kotim Dorong Fajrurrahman Maju di Pilkada Kotim

Admadi Sastra tetap menghimbau ke warga untuk tetap mengantisipasi apabila air semakin naik. Sementara ini, berdasarkan pantauan pihaknya banjir yang merendam 3 desa tersebut hanya memiliki kedalaman 35 cm hingga 80 cm.

“Warga terbiasa dengan kondisi ini, namu untuk saat ini bisa terkendali,” pungkasnya.

(Ibra)