DPRD Kalteng Harap Bantuan Alat Pemadam Untuk Kecamatan Jenamas dan Babai

HARDI/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kalteng Siswandi.

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalteng Siswandi mengatakan, kejadian karhutla di Kecamatan Jenamas dan Babai cukup mengkhawatirkan disaat musim kemarau seperti sekarang ini, karena dapat menimbulkan dampak negatif baik bagi keberlangsungan hutan maupun masyarakat yang bermukim di wilayah sekitar kecamatan tersebut.

“Sehingga dalam memperhatikan hal tersebut perlu penanganan ekstra terhadap kejadian karhutla di dua kecamatan itu. Penanganan yang dilajukan harus benar-benar maksimal supaya karhutla tidak meluas. Maka dari itu masyarakat dan pihak terkait di sana mengharapkan bantuan alat pemadam karhutla,” ucapnya, Sabtu, 23 September 2023.

BACA JUGA:   Peran Aktif Pemda Mengoptimalkan Potensi Daerah Sangat Penting

Adapun harapan bantuan alat pemadam yang dimaksud, yakni alat yang memiliki daya jangkau jauh dan mudah digunakan di lapangan termasuk juga motor boat amphibi yang bisa di gunakan di segala medan untuk dapat menjangkau titik api ketika karhutla terjadi.

Selain itu, ada juga permintaan bantuan berupa drone yang nantinya alat ini digunakan untuk memantau titik atau lokasi api hingga jalur akses tim di lapangan saat dalam proses pemadaman karhutla maupun evakuasi. Masyarakat juga menginginkan dibangun saluran irigasi sebagai tempat lumbung air.

BACA JUGA:   Legislator Kalteng Dorong Perda Diimplementasikan Dengan Baik

“Tidak hanya itu, masyarakat juga terutama tim pemadam karhutla gabungan yang ada berharap bantuan masker untuk para petugas serta dibagikan kepada masyarakat sekitar. Karena asap karhutla ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Tentu harapan kita aspirasi ini bisa ditindak lanjuti baik itu Pemkab Barsel maupun Pemprov Kalteng sesuai kewenangan masing-masing,” pungkasnya. (Hardi)