Satpol-PP, TNI-Polri Siap Amankan Pelaksanaan Pilkades Serentak di Katingan

IST/BERITA SAMPIT — Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Katingan Pimanto.

KASONGAN — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Katingan bersama TNI-Polri siap mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak se Kabupaten Katingan.

Hal ini disampaikan Kasatpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Katingan Pimanto, dia menyebut bahwa pihaknya siap melakukan pengamanan pada Pilkades serentak dan Pemilu tahun 2024.

“Kami siap melaksanakan pengaman Pilkades dan Pemilu 2024. Untuk itu, perlu adanya antisipasi pengamanan demi terciptanya situasi yang aman, damai dan kondusif,” kata Kasatpol-PP dan Damkar, Minggu 24 September 2023.

Pengamanan pelaksanaan Pilkades tersebut, kata Pimanto akan dilaksanakan secara serentak di Kabupaten Katingan pada bulan Oktober 2023 mendatang.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Upayakan Pemerataan dan Peningkatan Kualitas Kesejahateraan Masyarakat untuk Kemajuan Ekonomi Daerah

“Saya berharap dukungan dari semua pihak agar semua penyelenggaraan Pilkades dapat berjalan aman, damai dan lancar. Karena penegakkan peraturan daerah bisa berjalan maksimal sesuai perundang-undangan dan standar operasional prosedur (SOP) dari instansi teknis terkait,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menyebut, menjelang Pilkades seluruh petugas pengamanan harus dilibatkan dalam menjaga setiap area tempat pemungutan suara. Untuk itu, kepada anggota Linmas dan Satpol PP nantinya bisa diterjunkan ke desa yang menyelenggarakan Pilkades.

“Kami akan menurunkan anggota Satpol-PP dengan pihak kepolisian dan TNI yang ada di setiap kecamatan. Sehingga, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti tindakan anarkisme bisa ditangani dengan cepat,” ujarnya.

BACA JUGA:   Polisi Amankan Gerakan Pangan Murah Bulog Kanwil Kalteng

Dalam kesempatan itu, dia juga mengingatkan kepada seluruh calon Kepala Desa yang akan mengikuti kontestasi ini agar mengedepankan sikap kedewasaan dalam berpolitik. Terutama tidak melakukan tindakan kecurangan yang dapat menimbulkan kericuhan. Sebab menurut dia, selalu ada yang menang dan juga yang kalah.

“Saya meminta seluruh calon Pilkades agar tidak membuat kericuhan ataupun kecurangan. Artinya harus siap menerima kekalahan dan kemenangan serta tidak melakukan perpecahan dilingkungan masyarakat,” pungkasnya.

(Bitro)