Ketua PMI Bartim Upayakan Pencegahan Dini Masyarakat Terinfeksi Saluran Pernapasan

REDHA/BERITA SAMPIT - Ketua PMI Bartim bagikan masker antisipasi ISPA bagi warga Bartim.

TAMIANG LAYANG – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Barito Timur (Bartim), Munita Mustika Dewi turun tangan bagikan masker upaya pencegahan terjadinya Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) untuk masyarakat, Rabu 3 Oktober 2023.

Ketua PMI Bartim mengabarkan bahwa saat ini adalah kegiatan pertama dalam menangani dampak kabut asap dengan membagikan 1000 masker gratis kepada warga. “Ini hari pertama PMI Bartim membagikan 1000 masker kepada warga,” ujarnya.

Selain itu pada hari pertama pencegahan ISPA ini tim PMI Bartim menargetkan anak sekolah menjadi prioritasnya, sebelum membagikan ke masyarakat yang melintasi di depan The King Cafe jalan A. Yani Kecamatan Dusun Timur.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Bartim Harap Ketua KONI Terpilih Mampu Memberikan Dampak Baik Bagi Olahraga

“Di sini kita melakukan pembagian masker hanya diikuti Anggota PMI saja bukan gabungan bersama dinas terkait, sebelumnya pagi tadi kita sudah ke lingkungan sekolah untuk membagikan masker,” katanya.

Perlu diketahui Imbauan Penjabat (Pj) Bupati melalui surat edaran Nomor : 443,1/1242/DINKES.2023 tentang maraknya kabut asap di Kalimantan Tengah (Kalteng) dan kabupaten terdampak khususnya wilayah Kabupaten Bartim walaupun sampai saat ini belum ada peningkatan kasus Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) berdasarkan laporan Surveilans Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR) namun perlu mengingatkan kewaspadaan dini.

BACA JUGA:   Dishub Bartim Fasilitasi Pemudik Jelang Lebaran

1. Mengurangi aktivitas diluar rumah bagi (ibu hamil, Anak-anak, bayi, balita dan Lansia).
2. Gunakan masker saat beraktivitas.
3. Minum air putih lebih banyak dan sering
4. Utamakan makan yang sehat, bergizi serta istirahat yang cukup.
5. Menutup sumber air bersih seperti sumur, bak penampungan air, guna terhindar dari debu akibat karhutla.
6. Hati-hati membakar sampah rumah tangga.
7. Segera berobat jika terdapat keluhan sesak napas.

(Redha)