HMI Cabang Palangka Raya Siap Gruduk Polda Kalteng Soal Tragedi di Desa Bangkal

IST/BERITA SAMPIT - Foto bersama Kader HMI se-Cabang Palangka Raya, usai melaksankan Konsolidasi Akbar di Sekretariat HMI Cabang Palangka Raya, Minggu 8 Oktober 2023.

PALANGKA RAYA – HMI Cabang Palangka Raya akan menggeruduk Polda Kalteng atas tindakan represif yang dilakukan oleh jajarannya di wilayah Seruyan.

Mereka menganggap tindakan aparat yang terjadi di Desa Bangkal sangat tidak manusiawi pada Sabtu, 7 September 2023 dengan menembak 3 orang dan menyebabkan 1 orang meninggal.

Sikap HMI Cabang Palangka Raya tersebut telah dituangkan dalam Seruan Konsolidasi Akbar dengan tema “Kalteng Darurat HAM” yang dilaksanakan di aula Sekretariat HMI Cabang Palangka Raya, Minggu 8 Oktober 2023 sore.

Penggerudukan Polda Kalteng tersebut adalah untuk meminta pertanggung jawab Kapolda Kalteng atas peristiwa kemanusiaan dan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang terjadi di Desa Bangkal Kabupaten Seruyan dan akan direncanakan hari Selasa, 10 Oktober 2023 bertempat di Polda Kalteng.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Salurkan Bantuan Beras kepada Warga Kobar

“Kami seluruh kader HMI Cabang Palangka Raya, siap menurunkan massa menggeruduk polda kalteng untuk menuntut pertanggung jawaban Kapolda. Salah satu tuntutan kami, yaitu menuntut pencopotan Kapolda, dan meminta pertanggung jawabannya atas tragedi HAM di desa Bangkal,” ucap Ketua Umum HMI Cabang Palangka Raya, Rizky Oktaviandi, Minggu 8 Oktober 2023.

HMI Cabang Palangka Raya turut prihatin atas kejadian tersebut, dan pihaknya juga mengajak dan mengimbau kepada seluruh kader serta komisariat HMI Cabang Palangka Raya, untuk bergerak atas kemanusiaan dan keadilan bagi masyarakat Desa Bangkal Kabupaten Seruyan dengan bersama-sama menggeruduk Polda Kalteng.

BACA JUGA:   Begini Tanggapan Gubernur Kalteng Atas Penghargaan Adipura Palangka Raya

“Kami mengajak dan mengimbau kepada seluruh kader serta komisariat HMI Cabang Palangka Raya, untuk bergerak atas kemanusiaan dan keadilan bagi masyarakat Desa Bangkal,” ajak Rizky.