Penderita ISPA di Barsel Capai 1.272 Orang

DEDDY/BERITA SAMPIT - Kadinkes Barsel drg. Daryomo Sukiastono, M.AP.

BUNTOK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menyatakan, sekitar 1200 orang lebih di daerah ini menderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

“Hal tersebut dikarenakan, kabut asap yang terjadi akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla),” kata Kepala Dinkes Barsel Daryomo Sukiastono, Rabu, 11 Oktober 2023.

Dikatakannya, berdasarkan data dari hasil kunjungan masyarakat ke RSUD dan Puskesmas sejak bulan Agustus 2023 penderita ISPA sekitar 1.173 orang dan saat ini naik menjadi 1.272 orang.

BACA JUGA:   Tokoh Pemuda Desa Baru Gelar Lomba Pawai Tanglong dan Bagarakan Sahur

“Yang jelas, banyaknya pasien yang menderita ISPA tersebut dikarenakan kabut asap akibat Karhutla,” tegasnya.

Menurutnya, banyaknya penderita ISPA ini baik anak-anak maupun orang dewasa. Untuk mengantisipasi hal tersebut Dinas Kesehatan sudah membagikan masker bagi masyarakat di enam kecamatan. Untuk tenaga kesehatan (nakes) termasuk obat-obatan juga sudah disiapkan.

“Yang tidak kalah pentingnya juga kita tetap mengimbau kepada masyarakat untuk berhenti melakukan pembakaran hutan dan lahan di musim kemarau saat ini Selain itu juga, untuk selalu memakai masker pada saat melakukan aktifitas di luar rumah, perbanyak minum air putih serta menerapkan Perilaku Hidup Sehat Bersih (PHBS),” tukas Daryomo Sukiastono.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

Pantauan di lapangan, dalam beberapa hari terakhir kabut asap di daerah ini sudah mulai berkurang karena dalam tiga hari terakhir hujan turun dengan derasnya. (Deddy)