Dewan Minta Pelayanan Kesehatan di Desa Maksimal

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kabupaten Katingan H Hanafi saa melakukan kunjungan kerja di wilayah selatan Katingan.

KASONGAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan melalui dinas terkaitnya agar bisa memperhatikan keberadaan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) yang ada Kabupaten Seruyan.

Anggota DPRD Kabupaten Hanafi mengatakan, seperti di UPTD Puskesmas Mendawai dan UPTD Puskesmas Pegatan Il dimulai pada tanggal 2 Februari 2023.

Bangunan Puskesmas tersebut adalah bangunan Puskesmas sesuai standar/Prototype Permenkes Nomor 43 Tahun 2019 dengan luasan bangunan Puskesmas Mendawai 23 meter x 24 meter dan Puskesmas Pegatan II 23 meter kali 33 meter.

Tentunya dua Puskesmas itu masih perlu penyempurnaan untuk dukungan prasarana seperti pagar, jembatan, instalasi pembuangan air lmbah, rumah dinas, penambahan Alat Kesehatan (Alkes) sesuai standar dan lainnya.

BACA JUGA:   Dewan Ingat Perusahaan Terkait Kewajiban THR untuk Karyawan

“Kita berharap agar pelayanan kesehatan di dua Puskesmas tersebut dapat berjalan dengan maksimal,” ujar Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, H Hanafi, Selasa17 Oktober 2023.

Dikatakan Legislator asal daerah pemilihan I ini, pembangunan gedung puskesmas tersebut juga merupakan salah satu realisasi dari program pemerintah  dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Banyak yang diaspirasikan oleh tenaga medis di sana, salah satunya adalah kondisi instalasi air bersih yang saat ini rusak dan tidak bisa digunakan. Makanya kami meminta agar dinas terkait bisa memperhatikan dan menindaklanjuti terkait hal itu,” tambahnya.

BACA JUGA:   Dewan Minta PPPK Tingkatkan Kinerja dari Mutu Pendidikan dan Kesehatan di Katingan

Menurut dia, terkait dengan hal ini tentunya memang ada beberapa opsi atau solusi yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan membuatkan sumur bor, agar akses ketersediaan air bersih bagi Puskesmas tersebut tetap lancar sehingga pelayanan pun bisa berjalan maksimal.

“Karena biar bagaimanapun, ketersediaan air bersih sangat penting untuk mendukung kegiatan atau aktivitas yang ada di Puskesmas. Harapan kami agar dinas terkait bisa menindaklanjuti apa yang menjadi aspirasi dari Puskemas setempat,” pungkasnya. 

(Kawit)