Legislator Kalteng Ajak Masyarakat Tidak Melakukan Aktivitas Pemicu Karhutla

HARDI/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kalteng Achmad Rasyid.

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Achmad Rasyid mengajak masyarakat khususnya yang ada di Kalteng agar tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Ia menjelaskan, pada musim kemarau seperti saat ini lahan-lahan mudah terbakar karena mengalami kekeringan, sehingga masyarakat harus dapat menjaga aktivitas seperti tidak membakar lahan, membuang puntung rokok sembarangan dan lain sebagainya.

BACA JUGA:   Pemda Agar Dapat Tanggap Memberikan Perhatian Kepada Masyarakat Terdampak Banjir

“Kita harus dapat mencegah kejadian Karhutla, supaya tidak menimbulkan dampak negatif terhadap berbagai hal misalnya saja kabut asap. Masyarakat harus bisa memahami situasi saat ini, begitu juga dengan perusahaan perkebunan,” ucapnya, Jumat 20 Oktober 2023.

Menurut Dia, agar Karhutla tidak terjadi, bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah saja akan tetapi juga semua pihak baik perusahaan perkebunan maupun masyarakat secara umum.

BACA JUGA:   Peran Aktif Pemda Mengoptimalkan Potensi Daerah Sangat Penting

Selain itu, pencegahan penanganan juga perlu dilakukan secara bersama-sama, terlebih jika kebakaran itu terjadi diarea lahan perusahaan maupun dekat dengan pemukiman warga. Pihak perusahaan dan masyarakat supaya bisa dengan cepat melakukan pemadaman.

“Kita jangan hanya diam dan menunggu petugas datang, hendaknya sama-sama bergerak saling bahu-membahu, kita harus bisa tanggap terhadap kepedulian menjaga lingkungan sekitar, sehingga kejadian karhutla tidak semakin meluas,” tandasnya. (Hardi).