Penjabat Bupati Lamandau Minta OPD Persiapkan Proses Lelang Pengadaan Barang dan jasa 2024

IST/BERITA SAMPIT - Pj Bupati Lamandau Lilis Suriani

NANGA BULIK – Penjabat (Pj) Bupati Lamandau, Lilis Suriani meminta kepada seluruh OPD agar mulai mempersiapkan proses lelang pengadaan barang dan jasa untuk tahun 2024 mendatang.

Sehingga proses lelang dapat mulai lebih cepat, bahkan untuk lelang perencanaan agar dilakukan sejak akhir tahun 2023 setelah APBD ditetapkan.

Begitupula dalam penyusunan perencanaan penganggaran tahun anggaran yang baru, ia meminta agar perangkat daerah benar-benar mencermati dan mengkaji belanja dalam program dan kegiatan secara matang.

“Agar tidak terjadi revisi Anggaran pada saat tahun anggaran baru berjalan dan menghindari terjadinya gagal tender,” ungkap Pj Bupati saat memberikan stressing dalam Rakordal, Minggu 22 Oktober 2024.

Pasalnya, dalam Rakordal tersebut terungkap, terjadinya penumpukan pengajuan proses tender/seleksi pada pertengahan tahun anggaran, berpotensi berkurangnya waktu pelaksanaan pekerjaan bahkan gagal atau batal tender/seleksi.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Lamandau: Safari Ramadan Mempererat Hubungan Pemerintah dan Desa

Hal ini dapat diatasi jika PPK yang telah menyusun rencana pengadaan untuk tahun berikutnya dan telah tercantum dalam RKA atau DPA segera mengajukan proses tender/seleksi ke UKPBJ, idealnya mulai dari akhir tahun berjalan sampai bulan Maret tahun berlakunya anggaran.

Menurutnya, salah satu dinas yang banyak batal tender adalah di dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Lamandau.

Berdasarkan Surat dari Pejabat Pembuat Komitmen Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lamandau tanggal 24 Juli 2023 Nomor 306/192/PPK II-DIKBUD/VII/2023 perihal Pembatalan Paket Tender Tahun Anggaran 2023 dan Nomor 420/397/VII/DIKBUD/2023 perihal Pembatalan Proses Tender Paket Pekerjaan, setidaknya ada lima paket yang batal tender, yakni;

  1. Pembangunan rumah dinas guru beserta perabotnya pada SMPN 3 Menthobi Raya dengan nilai pagu sebesar Rp266.759.350.
  2. Pembangunan Ruang UKS Beserta Perabotnya pada SMPN Satap 3 Batang Kawa dengan nilai pagu sebesar Rp266.759.350.
  3. Rehabilitasi ruang jelas dengan tingkat kerusakan minimal sedang beserta perabotnya pada SDN Sungai Tuat dengan nilai pagu sebesar Rp737.708.400.
  4. Pembangunan ruang laboratorium komputer beserta perabotnya pada SDN NANGA BULIK-1 dengan nilai Pagu sebesar Rp313.924.000.
  5. Pembangunan ruang laboratorium komputer beserta perabotnya pada SDN SUNGAI TUAT dengan nilai Pagu sebesar Rp 232.490.000,-. Sehingga proses tender untuk paket tersebut batal dengan nilai pagu total sebesar Rp1.823.127.050.
BACA JUGA:   Desa Mekar Mulya Raih Sertifikasi RSPO

Sementara itu dalam laporan kepala Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) kabupaten Lamandau dilaporkan bahwa jumlah paket pekerjaan yang diterima per triwulan 3 TA 2024 adalah sebanyak 153 Paket, yang sudah selesai tender 117 Paket, yang masih dalam proses tender 28 paket, dan 8 paket batal tender. (Andre)