217 Lembaga Sekolah Ikuti Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan

IST/BERITA SAMPIT- Kadisdikbud Mura, Ferdinand Wijaya saat memberikan sambutan.

PURUK CAHU – Sebanyak 217 lembaga sekolah di 10 kecamatan mengikuti sosialisasi transisi PAUD ke sekolah dasar (SD) yang menyenangkan yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).

Kegiatan Kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari dan dibuka langsung oleh Penjabat Bupati Murung Raya, Hermon yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Tira Tangka Balang di Puruk Cahu, Rabu 25 Oktober 2023.

Kepala Disdikbud Murung Raya, Ferdinand Wijaya mengatakan inti dari sosialisasi tersebut tidak lain untuk memberikan pemahaman kepada para guru tingkat PAUD agar tidak mewajibkan anak didiknya bisa membaca, dan tidak memasukan syarat bisa membaca ketika masuk ke sekolah dasar (SD).

BACA JUGA:   Pasar Murah Kalteng, Patok Harga Beras 10 Kg Cukup Bayar Rp20.000

“Kebijakan merdeka belajar menghapus tes baca, tulis, dan hitung (calistung) untuk masuk SD merupakan tindaklanjut dari aturan Kemenristekdikti tentang kurikulum merdeka dan segera hal ini akan diperkuat dengan dibuatnya Perbup Bupati Murung Raya,” kata Ferdinand.

Sementara itu Penjabat Bupati Murung Raya, Hermon mengatakan kegiatan sosialisasi tersebut sangat penting dilakukan dalam rangka merancang pembelajaran yang relevan dan membangun fondasi holistic di PAUD dan SD kelas awal.

“Kesiapan belajar peserta didik pada masa transisi PAUD ke SD merupakan bagian dari kualitas lingkungan belajar yang dituju dalam transformasi satuan pendidikan,” ungkap Hermon.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Untuk mensukseskan program tersebut, Hermon berharap guru TK atau PAUD serta SD harus kreatif serta memiliki pengetahuan tentang dunia anak dan yang paling penting guru memiliki karakter yang baik.

“Karena guru yang kreatif dan memiliki karakter akan disukai oleh anak-anak dan orang tua, akan mudah mengajar,” jelas Hermon pada kegiatan yang dihadiri narasumber dari Bocah Ceria Indonesia Yogyakarta, Kepala Sekolah PAUD, Kepala Sekolah SD serta beberapa undangan lainnya.(Lulus)