Presiden Jokowi Lantik Letjend Agus Subiyanto Jadi KSAD

Presiden Joko Widodo Lantik Letjend TNI Agus Subiyanto jadi KSAD

JAKARTA– Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melaksanakan perombakan atau reshuffle kabinet dengan melantik Andi Amran Sulaiman menjadi Menteri Pertanian (Mentan) untuk menggantikan posisi Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang terjerat kasus korupsi.

Selain Amran, Jokowi juga melantik Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) TNI, yakni Letjen Agus Subiyanto menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang akan memasuki masa pensiun.

Pelantikan Agus melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 89/TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

BACA JUGA:   Partai Gelora Punya Harapan Besar Walau Belum Berhasil Lolos ke Senayan

Turut hadir dalam pelantikan di antaranya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Selain itu, hadir Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo, dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Muhammad Ali, dan Eks Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Dudung Abdurachman.

BACA JUGA:   Diduga Program Bodong Rice Cooker Gratis Kementerian ESDM, Komisi VII DPR: Harus Diaudit BPK RI

Presiden Joko Widodo pun menginstruksikan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto untuk menjaga situasi kondusif selama Pemilu 2024.

“Kita lihat ada 802.000 tempat pemungutan suara (TPS), nanti saya bersama Polri dan seluruh elemen masyarakat akan mengamankan semua TPS sehingga pada saat pencoblosan itu kita tidak bekerja sendiri, tetapi bekerja sama untuk menciptakan situasi kondusif di wilayah Indonesia,” ujar Agus.

(adista)